Oh ya Pak.., saya ngga ada problem dengan pendapat T William, dan buat saya
apa yg dia sampaikan bukanlah hal baru, most expert yg melakukan study
volume sejak Wykoff di era 30'an, ya berpendapat begitu..., anda aja yg
salah mengartikan maksudnya mereka.., maksudnya mereka itu BUKAN TA boss...,
tapi TECHNICAL INDIKATOR seperti RSI, MACD, dll..., itu sih saya sepakat
banget.., cek aja postingan saya, saya selalu katakan bahwa what so special
about volume adalah bahwa; volume adalah satu-satunya indicator yg bukan
turunan dari harga (OHCL), dan volume merupakan satu-satunya indicator yg
memiliki hubungan CAUSE & EFFECT dengan harga..., karenanya sangat penting,
saya juga selalu sarankan untuk memahami Price & Volume dulu sebelum
memahami indicator TA lainnya...

Jadi, BUKAN TA boss...., tapi yg dimaksud INDIKATOR TA..., beda lo
pengertiannya.., coba di re-read lagi literaturnya yg bener...., oh ya.., I
can assure you, bahwa isi bukunya T Williams is ALL About Technical
Analysis! silahkan cari pendapat ke para sesepuh TA lainnya di sini atau
tempat lain, tanya sama mereka, itu buku isinya TA bukan...

Pointnya.., saya tidak mengkritisi VSA dan T Williams sama sekali, saya
kritisi dan menyanggah statement-statement anda yang menurut saya perlu
DIPERTANYAKAN dan DIUJI kebenarannya, karena disini banyak newbie, dan
mereka deserve informasi yg benar.

JsxTrader