Bung Tom, saya baru cek Forensik sedikit ke BMTR. rasa2nya ko kurang setuju
yah BMTR layak diatas 1X BV. 0.7-0.8 X BV mungkin sudah cukup full valued
unless kondisi finansialnya improved signifikan.
paling enggak saya temukah hal-hal mengganjal terkait kualitas asset
yakni SBB :

ASSETS

 Posisi kas turun jauh dari 3173.5 ke 1390, 6. Current assets turun dari
7201.6 ke 6112.0 karena penurunan kas Fixed assets turun jauh dari 3991.7 ke
1788.5. Ada other investments yang naik dari 1427.9 ke 3314.1, kontribusi
dari 9.1% ke 24% thd total aset.

    Cash Flow Operation

                Penerimaan kas dari operasi turun dari 900.1 ke 791.1

CFO turun dari 237.7 ke 30.7

 Cash Flow Investing Penempatan investasi jk. Pendek bertambah dari -666.3
ke -696.9 Penambahan investasi pd subsidiaries turun dari -2078.9 ke
29.1 Pelepasan
investasi subsidiaries turun dari 1508.1 ke 1221.2  (47.8% M8T)
 Pelepasan
investasi lain naik dari 844.8 ke 2299.5  Penambahan aset tetap naik dr
-1096.6 ke -775.2 CFI turun dari -2451.4 ke -1769.9

Cash Flow Financing

 CFF turun dari 3851.0 ke -43.6 Total ada penurunan kas dari 1637.3 ke
-1782.8

Kas turun jauh (Cash Burn) terjadi mainly karena CashFlow Operasi hanya
positif kecil dengan kondisi Cash Flow Investing yang cukup besar terkait
restrukturisasi Aset Telco dan Penambahan Investasi di MNCSV. sementara
tidak ada financing baru. kondisi BV yang turun pada tahun 2008 masih bisa
turun di 2009 andai arus kas operasi masih belum bisa menutupi kebutuhan
investasi dan pelunasan pendanaan.(di tahun sebelumnya masih ada pendanaan
financing baru namun nampaknya pendanaan baru ini tidak produktif karena
beban bunga yang naik tidak diimbangi kenaikan arus kas operasi) karena
praktis working capital BMTR yang murni likuid hanya kas dan beberapa
instrumen reksa-dananya karena ; 1. Persediaan sulit untuk di"likuid"kan
karena persedian BMTR adalah program2 dan acara televisi yang sudah dibayar.
2. Pasca Disposal FREN, sisa 19% Kepemilikan sudah didekonsolidasi tapi
pindah tempat ke akun surat berharga yang siap diperjualbelikan di harga
pasar dan mungkin ini agak sulit untuk dihargai sesuai nilai di buku.

Sementara masih ada keraguan terkait Sustainable Earning level yang bisa
justifikasi nilai buku aset diatas 1.0 paling tidak jg SBB :

2008 beban langsung meningkat jauh melebihi kenaikan pendapatan, berarti
industri ini tidak bisa "pass-on" kenaikan beban biaya kepada pelanggan dan
pemasang iklannya.

Tren Margin Menurun dan baik secara accrual maupun kas pendapatannya juga
belum terlihat membaik.

namun memang ada beberapa hal positif yang dapat dicatat dari laporan
keuangan BMTR :

diAudit oleh Deloitte., sehingga menghilangkan paling engga keraguan atas
kesesuaian angka2 di laporan

Margin yg tipis berarti BottomLine "Bisa" Improved sangat signifikan hanya
dengan 1-2% perbaikan dan efisiensi usaha. yang berarti jika MNCN
(kontributor dan kunci utamanya praktis di MNCN) membukukan perbaikan dan
turnaround kondisi keuangan maka kemungkinan besar angka konsensus akan
dilewati dan akan menciptakan ripple effect yang membuat revaluasi rating
dan outlook BMTR (kasus BMTR adalah kasus tipikal holding yang biasanya
di"punish" lebih besar dari subsidiariesnya karena umumnya pendekatan sum of
parts akan membuat holding diundervalued 2 kali karena aset2nya sudah
divaluasi terlebih dahulu sebelum holdingnya divaluasi.)

--
Each piece, or part, of the whole nature is always an approximation to the
complete truth, or the complete truth so far as we know it. In fact,

Kirim email ke