________________________________
Dari: Bagus Putra Perdana <disclosure....@gmail.com>
Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Terkirim: Rabu, 19 Agustus, 2009 09:33:40
Judul: Re: [ob] SEJATI: BMTR eoy target 690-795 (exp. PBV 1.3-1.5x)

Bung Tom, saya baru cek Forensik sedikit ke BMTR. rasa2nya ko kurang setuju yah
BMTR layak diatas 1X BV. 0.7-0.8 X BV mungkin sudah cukup full valued unless
kondisi finansialnya improved signifikan.
paling enggak saya temukah hal-hal mengganjal terkait kualitas asset yakni SBB :

ASSETS

Posisi kas turun jauh dari 3173.5 ke 1390, 6.
Current assets turun dari 7201.6 ke 6112.0 karena penurunan kas
Fixed assets turun jauh dari 3991.7 ke 1788.5.
Ada other investments yang naik dari 1427.9 ke 3314.1, kontribusi dari 9.1% ke
24% thd total aset.

Cash Flow Operation

Penerimaan kas dari operasi turun dari 900.1 ke 791.1
CFO turun dari 237.7 ke 30.7

Cash Flow Investing
Penempatan investasi jk. Pendek bertambah dari -666.3 ke -696.9
Penambahan investasi pd subsidiaries turun dari -2078.9 ke 29.1
Pelepasan investasi subsidiaries turun dari 1508.1 ke 1221.2  (47.8% M8T)

Pelepasan investasi lain naik dari 844.8 ke 2299.5
Penambahan aset tetap naik dr -1096.6 ke -775.2
CFI turun dari -2451.4 ke -1769.9
Cash Flow Financing

CFF turun dari 3851.0 ke -43.6
Total ada penurunan kas dari 1637.3 ke -1782.8

Kas turun jauh (Cash Burn) terjadi mainly karena CashFlow Operasi hanya positif
kecil dengan kondisi Cash Flow Investing yang cukup besar terkait
restrukturisasi Aset Telco dan Penambahan Investasi di MNCSV. sementara tidak
ada financing baru. kondisi BV yang turun pada tahun 2008 masih bisa turun di
2009 andai arus kas operasi masih belum bisa menutupi kebutuhan investasi dan
pelunasan pendanaan.(di tahun sebelumnya masih ada pendanaan financing baru
namun nampaknya pendanaan baru ini tidak produktif karena beban bunga yang naik
tidak diimbangi kenaikan arus kas operasi) karena praktis working capital BMTR
yang murni likuid hanya kas dan beberapa instrumen reksa-dananya karena ; 1.
Persediaan sulit untuk di"likuid"kan karena persedian BMTR adalah program2 dan
acara televisi yang sudah dibayar. 2. Pasca Disposal FREN, sisa 19% Kepemilikan
sudah didekonsolidasi tapi pindah tempat ke akun surat berharga yang siap
diperjualbelikan di harga pasar dan
 mungkin ini agak sulit untuk dihargai sesuai nilai di buku.

Sementara masih ada keraguan terkait Sustainable Earning level yang bisa
justifikasi nilai buku aset diatas 1.0 paling tidak jg SBB :

2008 beban langsung meningkat jauh melebihi kenaikan pendapatan, berarti
industri ini tidak bisa "pass-on" kenaikan beban biaya kepada pelanggan dan
pemasang iklannya.

Tren Margin Menurun dan baik secara accrual maupun kas pendapatannya juga belum
terlihat membaik.

namun memang ada beberapa hal positif yang dapat dicatat dari laporan keuangan
BMTR :

diAudit oleh Deloitte., sehingga menghilangkan paling engga keraguan atas
kesesuaian angka2 di laporan

Margin yg tipis berarti BottomLine "Bisa" Improved sangat signifikan hanya
dengan 1-2% perbaikan dan efisiensi usaha. yang berarti jika MNCN (kontributor
dan kunci utamanya praktis di MNCN) membukukan perbaikan dan turnaround kondisi
keuangan maka kemungkinan besar angka konsensus akan dilewati dan akan
menciptakan ripple effect yang membuat revaluasi rating dan outlook BMTR (kasus
BMTR adalah kasus tipikal holding yang biasanya di"punish" lebih besar dari
subsidiariesnya karena umumnya pendekatan sum of parts akan membuat holding
diundervalued 2 kali karena aset2nya sudah divaluasi terlebih dahulu sebelum
holdingnya divaluasi.)

--
Each piece, or part, of the whole nature is always an approximation to the
complete truth, or the complete truth so far as we know it. In fact, everything

      Lebih Bersih, Lebih Baik, Lebih Cepat - Rasakan Yahoo! Mail baru yang
Lebih Cepat hari ini! http://id.mail.yahoo.com

Kirim email ke