Book Asset adjustment Pak, semacam shortcut  cari asset adjustment. ini
tools iseng sayah yang sebenernya gak reliable tapi buat ngitung ekstra
kilat sih lumayan. basisnya adalah premis bahwa aset ekuitas minimal harus
kasih ROE diatas 15-16% untuk justifikasi "boleh" dihargai 1X BV.

jadi ROE premium diatas 16% itu berhak mendapat rating lebih, dan rating BV
Premim sekian X nya itu adalah ROE / ROE pasar dipangkat 1.5 karena
asumsinya kelebihan excess dari ROE dapat direinvestment sehingga book value
(aset bagi pemegang ekuitas) bisa compound lebih cepat. aset yang punya ROE
25% secara logis bisa Compound lebih cepat nilai asetnya dari aset yg
generate ROE 15% sehingga nilai BV secara economicnya layak dihargai lebih
tinggi. pangkat 1.5 asumsi holding period 5 tahun pak dan kalo asumsi
holding period diatas 10 tahun dan earningnya terlihat sustain dan visible
saya juga suka kasih angka pangkat 2. ini itungan iseng aja sih. biasa buat
itungan kasar sebelun saya masuk lebih dalem buat bottom up.

wah iya salah hitung sodara2... tengkyu pak irwan, mohon dipersori ini salah
itung soalnya sambil sahur rada ngantuk2 ngitungnya.

emang saya rada kurang enak pake Texas BA enakan pake kalkulator casio dah.

sori-sori salah itung... yang bener angka pak irwan.. nah range nya berubah
lagi dah tuh kan..

(ROE 40.87% karena saya perhitungkan level ini hanya akan sustain untuk
jangka waktu 5 tahun jadi pangkatnya 1.5. di depan itu ROE 40.87% bisa
reinvested constant agak terlalu demanding)

Tools cepet aja Pak, Aproximasi awal. in the end decision mesti tetep cek
balance en sustainable earning masa depan sih. ini tools kalo lagi rada
males bikin input model pro forma sih pak...

--
Each piece, or part, of the whole nature is always an approximation to the
complete truth, or the complete truth so far as we know it. In fact,

Kirim email ke