From: pinmilis <pinmi...@gmail.com>
Date: Fri, 26 Mar 2010 21:54:33
To: <obrolan-bandar@yahoogroups.com>
Subject: [ob] Hitung2 Investasi Perkebunan - Help - Kang Bagus & Dkk

Alo Kang Bagus dan Kawan-kawan di OB.
Mohon bantuannya karena saya lagi berencana untuk investasi riil di
perkebunan Duku.

Bagaimana cara menghitung fair value kebun nya bila saya mau beli?

Benar kagak kalo di hitung macam ini:

(Jumlah Pohon * Penghasilan Net/Pohon/Tahun * 10) + (Jumlah Pohon * Harga
Pohon) + Harga Luas Lahan Tanah

Note:
- Pohon Duku bisa berumur sampai 150 Thn,
- Asumsi ROI Profit Pohon Duku adalah 10 thn.

Perhitungan Harga Pohon = Total biaya tanam dan perawatan sampai sudah bisa
panen (15 thn)

Misal:
Duku ini perlu 15thn, Setahun Biaya perawatan dan pupuk total = 1jt, jadi
harga nya 15Jt * 120% = 18Jt per Pohon (Sudah menghasilkan)
Dgn ROI 10thn, masa panen masih bisa lebih dari 110 thn.

Thanks Berat atas saran dan bantuannya :D

Salam Cuan Gede,
Pin

Kirim email ke