bung embah , kudos to you my friend. your thoughts are always cool, insightfull
and inspirational. gak ada matinya dah (seriously)

----- Original Message ----
From: jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]>
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Sent: Saturday, January 5, 2008 2:53:54 PM
Subject: [obrolan-bandar] PIG Concept....Re: BEI Ngelawan Arus DOW JONES&NIKKE

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, "edwinkdr" <[EMAIL PROTECTED] .>

> Berarti, Rahasia Pasar hanya dibukakan bagi mereka yg dianggap
> goblok...... .^^
> DAN ditutup bagi mereka yg merasa bijak dan pandai...... ..

Approach PIG yg embah kembangkan BUKAN seperti diatas:
- KEGOBLOKAN PASAR bukanlah suatu RAHASIA tapi suatu FAKTA yg
harus kita pelajari.
- Meneliti PASAR YG GOBLOK (PIG) memerlukan KEBIJAKAN, WAWASAN,
PENGALAMAN dan bukannya KEPANDAIAN semata..

> JADI.....
> Kalo sama2 goblok berarti kan sehati, iya tho....
> kalo mo jalan sama2 ya ENJOY aja...^^

Disini ada sedikit KESAMAAN pendapat anda dengan embah. Untuk
mengerti PASAR YG GOBLOK, kita harus SYMPATHY, EMPATHY dengan
KEGOBLOKAN market itu sendiri.
Contoh:
- Ketika index Nasdaq naik kelangit ketujuh, orang BIJAK dan
PINTAR sekaliber Buffet TIDAK menikmati GAIN 1 cent pun.
- Ketika index Nasdaq turun ampe tinggal 25% di thn 2002,
80% investor Amerika BUNTUNG. Disini hanya orang BIJAK
dan RASIONAL yg selamat.

PIG Concept pada CASE INI menunjukan ORANG 'BIJAK' bisa
mengambil keuntungan dari KEGOBLOKAN PASAR, JIKA dan
HANYA JIKA kita bisa MENGERTI KEGOBLOKAN PASAR.. right ?.

Conceptnya SIMPLE tapi PELAKSANAANnya engga gampang, kalo
gampang kenapa BUFFETT kaga bisa mengambil keuntungan
dari pasar yg goblok itu. Tapi kalo kita tanya ama Buffett,
dia akan jawab I don't invest in the business that I don't
undestand seperti Information Technology. Si Otong
disebelah embah nyeletuk: Engkong Buffett ternyata IT GAPTEK.

Ketika mayoritas orang Amerika menikmati WINDFALL naiknya
index Nasdaq kelangit ke 7, Buffett menjadi orang yg paling
tidak beruntung dari WINDFALL ini.

Apakah karena Buffet GAPTEK soal IT atau karena Buffet TIDAK
MEMAHAMI KEGOBLOKAN PASAR ?.

Coba anda JAWAB ?

Tapi yang jelas untuk MENGERTI KEGOBLOKAN PASAR
tidak perlu orang PINTAR karena Buffet si GENIUS tidak dapat
1 cent pun, meskipun akhirnya ketika Nasdaq HANCUR LEBUR, dia
engga kena..

Itulah CONCEPT PIG yg embah maksud...

Sebenarnya Buffett sendiri menggunakan concept PIG ini, ketika
dia bilang:
- Dia invest in stock ketika para PIG menjual sahamnya
dibawah nilai nya, in an oversold market.
- Dia jual sahamnya ketika para PIG trader menjadi tidak rasionil
melakukan trading diharga yg jauh diatas nilainya in an overbought
market.

Jadi PIG concept bukanlah sesuatu YG BARU, embah hanya MENCOBA
membuatnya LEBIH ACTUAL...

> Tks rgds
>

> --- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, "jsx_consultant" <jsx-

> penggerak