Dear Embah,

Sekali lagi terima kasih atas ketidakberatan Embah untuk linda
memanfaatkan OB sebagai salah satu medium komunikasi bagi para pengguna
IPOT.
Secara etika sih memang  OB adalah OB, wadah untuk menampung segala
bentuk Obrolan yang berhubungan dengan saham.. mulai dari obrolan ringan
sampe ke yang berat tentang saham.
Wadah tempat menampung dan berbagi pemikiran teman-teman yang memiliki
minat yang sama.
Menyadari OB adalah OB dan OB bukanlah milist-nya IPOT..
di email sebelum-nya (khususnya untuk pak Aria) linda sudah mencantumkan
nomor telpon linda yang bisa dihubungi oleh teman-teman.. karena linda
sendiri tidak mau merepotkan embah apalagi membuat warung embah penuh
dengan obrolan yang OOT (misalnya ngebahas IPOT).

Kalo dengerin kata perang (baik diserang, terserang, menyerang).. kok
linda jadi takut yah Mbah... apalagi BEI akhir-akhir ini mencekam
sekali.. ga jelas juntrungannya.. ga ngerti mo kemana..
Tidak bermaksud lancang.. mungkin kata 'diserang' yang embah pake tadi..
boleh linda ganti yah... lebih asik istilahnya itu *NETWORK JAMMED.*
Tiba-tiba saja.. tiada angin.. tiada hujan.. network jammed. salah siapa
ini?
Kalo linda tanya ke engkong Budiana.. pasti jawabnya cuma YMK yang tau..
kalo sudah hoki ga akan lari kemana meski network lagi jammed.

Sepengetahuan linda.. tadi itu network jammed-nya hanya terjadi pada
satu OLT saja..
Lain cerita kalo ada OLT lain menggunakan ISP yang sama dengan IPOT..
pasti mereka juga bernasib sama dengan IPOT (hehehehe)

Dengan pengetahuan yang seadanya.. Linda berusaha untuk
pertanyaan-pertanyaan Embah dibawah ini:
Apakah yg 'diserang' saluran dari:
- Client ke OLT ?.
- OLT ke ISP ?.
- ISP ke Backbone ?.
- BEI ke backbone ?
- Atau yg lainnya ?.

*pertanyaan pertama dan kedua*, jawabnya: otomatis koneksi akan terputus
alias mati kalo client ke OLT atau OLT ke ISP lewat koneksi backbone
(BB) yang sama

pertanyaan ketiga:* ISP ke Backbone ?*.
jawabnya: nah.. ini biang keroknya Mbah... network jammed itu terjadi
dari ISP ke BB which is gangguan tersebut diluar kendali kita (dalam hal
ini adalah IPOT).
- Linda sudah konfirmasi ke tim IT nya IPOT.com -

pertanyaan keempat: BEI ke Backbone
jawabannya: kalo sampe network jammed nya terjadi pada BEI ke BB maka
data yang kita terima ga akan lengkap (secara temporary).

Jadi, kesimpulannya Mbah...
persoalan tadi sore itu Network jammed dari ISP ke BB
IPOT sudah kembali normal lagi
Untuk mengantisipasi hal ini tidak terjadi lagi.. IPOT sudah menerapkan
back up ISP secara continue..
Catatan sponsor: Supaya milist tetep berisikan obrolan-obralan terkait
dengan judulnya.. mohon teman-teman menghubungi saya langsung jika IPOT
nya bermasalah.. silahkan email ke [EMAIL PROTECTED] atau *0811-826316*

Dengan segala kerendahan hati.. sekali lagi linda mohon maaf atas
kejadian tadi sore yang menimpa nasabah IPOT
Terima kasih atas pengertian dan kesempatan dari Embah..

cherio,
linda