Salam Sejahtera...

Pada Kamis, 27 Maret 2008, John Ramos Butarbutar menulis:

> Mohon maaf kalau saya yang seorang sersan ini...menyinggung hati
> jenderal.

Jangan salah Bang Ramos, justru bintara itulah yang menjadi tangan kanan
para komandan pasukan ! Ialah yang memastikan bahwa perintah komandan
dilakukan dengan benar oleh prajurit di lapangan.

Pada masa silam, seorang centurion (pangkat setingkat sersan [bintara]
pada masa moderen) adalah orang ke-dua setelah komandan legiun, pasukan
berkekuatan sekitar 6.000 prajurit pada masa kejayaan Roma. Ia biasa
disebut Primus Pilus, atau "yang terutama di antara para centurion".

Silakan merujuk pada surat-surat saya dengan kata kunci "bintara" dan
"centurion" serta "sersan" pada arsip.

Sharif Dayan
Primus Pilus
Epitoma Rei Militaris