Transfer pricing itu nggak selalu ke anak perusahaan, bisa juga ke
perusahaan lain, tapi memang pemiliknya masih terkait. misal saya
pemilik 60% saham A, sebagai pemilik dengan saham mayoritas , saya
bisa mengendalikan manajemen PT A, termasuk negosiasi harga jual,
selain itu sebagai pribadi saya juga sebagai pemilik saham PT B di
luar negeri yang pajak perusahaan nya lebih rendah. maka saya akan
merekayasa harga jual keperusahaan B tersebut dengan harga lebih
murah, sehingga saya akan dapat untung lebih besar ( karena bayar
pajaknya kecil ). Kebayang nggak kalau PT A yg saya maksud itu
adalah perusahaan yang sudah Go publik ? maka pemilik saham yg 40%
seharusnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, namun jika
tidak ada yg mewakili untuk menjadi manajemen di PT A itu maka
prakttek transfer pricing ini akan jalan terus. jadi yg rugi bisa
pemegang saham minoritas dan pemerintah.

Ada comment dari para suhu?

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, mike harnett
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kalo keuntungannya ditransfer ke anak perush, tapi kan nantinya
keuntungan yg diperoleh ama anak perush kan dikonsolidasinya akan
balik lagi ke induknya,.,. berarti sama aja dong kena pajak lagi?,.,

> kalo gitu buat ama pake jual ke anak lebih rendah ya,.,. tohh pada
akhirnya akan keliaitan juga dikonsolidasinya (keuntungan dari anak
perush yg jual dg harga tinggi),.,. jadi tetep kena pajak dong pak
yah?,.,..,

&lt;mike_harnett2002@ ....&gt;
>  &gt; wrote:
>  &gt;
>  &gt; &gt;
>  &gt; &gt; saya liat di metro tv adaro transfer pricing./
>  &gt; &gt;
>  &gt; &gt; pengertian dari "Transfer Pricing" apa yah?
>  &gt; &gt;
>  &gt; &gt; dampaknya menguntungkan atau merugikan,, siapa yg
> [...]

Kirim email ke