Sebenernya ada 2 sisi Transfer pricing, ada yg baek dan buruk.

Kalo sifat tax avoidance yg udh pasti buruk. Biasanya memang
dilakukan dalam satu induk pt dgn menggunakan "back door coy" untuk
menghindarkan pajak. akan tetapi, hal ini juga tidak bisa disalahkan
kalau ada potensi double tax, maka hal ini akan jatuh ke area tax
saving.

Gampangnya di setiap PT, pasti ada harga COGS (transfer price=TP)
sama harga retail (plus margin). Lazimnya transaksi penjualan
menggunakan harga retail price, hanya pada situasi tertentu saja
menggunakan TP.

Nah, harga TP inilah yg biasanya disoroti sama tax office krn memang
rawan penyelewengan. Asal tax office lokal sudah meratifikasi dgn
counterpart tax office, mk tranksasi bisa lebih smooth.

Sebenarnya transfer pricing jd masalah kalo tabiat PT-nya emang
doyan ngemplang,
ini termasuk kriminal lohh...

-Rio N-
Newbie aja ya

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Saham Oke <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sampe sekarang kasus Transfer Pricing ini banyak dilakukan asing
bahkan lokal yg buka cabang di luar (BVI), Apakah ada kasus sepert
ini dapat diselesaikan secara hukum dengan baik, setahu saya tidak
ada kecuali menjadi isu dan menghilang, mungkin karena kasus seperti
ini hanya dikategorikan pelanggaran etika bisnis...bagaimana dari
sudut audit accounting apakah kategori disclaimer.....yag tahu hukum
dan akuntan pandapat anda ditunggu.....hehehehe....:-)