--- Pada Kam, 2/10/08, kangduren <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Dari: kangduren <[EMAIL PROTECTED]>
Topik: Re: [obrolan-bandar] apa sih "Bailout" itu?
Kepada: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 2 Oktober, 2008, 2:43 PM

            CMIIW, saya sbg orang awam coba buat diskusi, kalo salah mohon

koreksi...hehehe. ...

Institusi Keuangan mempunyai hutang kpd investor, dg jaminan aset

(aset jelek skr : property, lewat mortgage (saya lupa istilah

Indonesianya) ). Pada saat investor mau ambil dananya maka Institusi

tersebut kehabisan dana, ini yg terjadi sekarang likuiditas sulit, krn

aset tsb sulit dijual dan seandainya dijual pun harganya rendah, jadi

oleh pemerintah di bailout, artinya dana diberi pemerintah tapi dengan

jaminan saham (institusi tsb memberi saham kpd pemerintah) skenario

mirip di Indonesia (Pengelola Aset).

Ini proposal Bush/ Paulson kalo ga salah.

Sekarang mestinya proposal/ skenario tsb bisa diterima menjadi undang2

tanpa ketakutan, krn nanti PELAKSANAANNYA yg harus diperketat, nilai

aset dan manajemen harus dinilai dg rapi.

Dan semoga isunya jangan bergeser menjadi isu politik.

Keuangan/ administrasi Bush memang buruk tapi mestinya jangan dicampur

aduk dg kondisi skr. Booming perumahan itu sebenarnya dinikmati rakyat

US juga : lapangan pekerjaan, profit dll.

Mengenai isu politik Bush (bailout panjang kalo dibahas), tapi bailout

itu sendiri sebenarnya tidaklah dramatis USD 700 bio (setara dg 5-6%

GDP US sekarang, itupun dana yg dipakai tidak langsung sepenuhnya,

kalo kondisi membaik sisa dana bisa tidak terpakai-ref: Paulson

mengindikasikan USD 350 bio langsung terpakai). Efek psikologis yg

lebih penting dr bailout ini, shg investor tidak merush dana.

salam

--- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, "meizal" <[EMAIL PROTECTED] .> wrote:

> itu cara lain nasionalisasi, tapi bedanya kalo nasionalisasi persh

yang di beli/ambil-- -> aset nya...lha ini yang diambil/talangin( kt

aria ) -->kewajiban/ hutang nya...ujung2nya sama2 aja secara g langsung

/bisnis nya jadi di miliki/di intervensi pemerintah,karna g ada yang

mo beli, apa lagi kalo hutang nya > aset nya...gitu kali

ya...kaliii. ..., emang jadi ngtrend nih kosakata...hehehehe

sweeteners-nya itu 'ama Senat di sono - 'kali ini.