udrekh writes:

Mm, tadinya saya nggak mau membaca posting dengan topik ini. Tapi kok pas
saya baca ujungnya jadi bingung, terus saya coba runut ke tulisan awal,
jadi makin nggak ngerti yang dipermasalahkan.

Sebenarnya kerancuan ini merupakan dilatarbelakangi 'kekacauan' beberapa waktu yang lalu. Menurut saya, masalah itu tidak perlu diuraikan ulang.

Kemudian pak Yanurmal mengomentari e-mail bu Rahima..
"Mengapa tidak anda delete saja secepatnya postingan yang menghina islam
itu, bahkan sebelum sempat terbaca.

Setahu saya Pak Yulmizar (I Yul) yang memberikan komentar tersebut.

Terus terang, saya sih pingin sekali punya sedikit
ilmu tentang agama Islam ini. Untuk itu, saya siap belajar.

Alhamdulillah jika telah ada kemauan maka insya Allah diberi kemudahan. Semoga Allah menghendaki kebaikan bagi kita semua sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Mu'awiyah bin Abu Sufyan radhiallahu 'anhuma bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda (yang artinya):

"Barangsiapa yang Allah menghendaki kebaikan baginya maka Allah akan
memberinya pemahaman dalam agama." (HR. al-Bukhari)

Adapun dalil-dalil dikemukakan bukanlah untuk 'menakut-nakuti' dan tentulah
tidak patut jika digunakan untuk 'pamer'. Akan tetapi tentunya dalam belajar
Islam tidak mungkin lepas dari al-Qur'an dan Sunnah. Yang penting diingat
juga adalah kita harus memahami dalil-dalil itu sesuai dengan pemahaman
generasi terbaik umat ini yaitu para shahabat Rasulullah dan orang-orang
yang mengikuti jejak langkah mereka.

"Sebaik-baik manusia adalah generasiku (Rasulullan dan para shahabat
beliau), kemudian orang-orang sesudah mereka (Tabi'in), kemudian orang-orang
sesudah mereka (Tabi'ut tabi'in)." (HR. al-Bukhari, Muslim, Ahmad)

"Dan barang siapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan
mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa
terhadap kesesatan yang telah dikuasinya itu dan Kami masukkan ia ke dalam
Jahanam, dan Jahanam itu seburuk-buruk tempat kembali." (QS. an-Nisaa'
4:115)

Berikut ada saran dari Syaikh al-Albani rahimahullah mengenai kitab yang
dapat membantu dalam belajar (sebagian telah tersedia terjemahannya) sebagai
berikut:

-------------
Kitab-kitab Yang Terlebih Dahulu dipelajari Bagi Penuntut Ilmu
Oleh al Imam al Albani

Tanya :

Kitab apakah yang anda anjurkan untuk dibaca oleh pemuda yang sedang
belajar?

Jawab :

Saya anjurkan padanya apabila masih awal hendaklah membaca kitab Fiqhus
Sunnah oleh Sayid Sabiq, sambil dibantu dengan sebagian kitab yang dijadikan
rujukan, seperti Subulus Salam. Disamping itu jika dia memperhatikan kitab
Tamamul Minah (berisi koreksi dan komentar terhdap kitab Fiqhus Sunnah) maka
cara ini lebih kuat dan selamat.

Saya anjurkan juga kepadanya hendaklah membaca kitab Ar Raudhatun Nadiyah
oleh Sidiq Hasan Khan. Adapun tafsir, maka wajib baginya untuk membiasakan
membaca kitab Tafsir Al Qurâan al Adhim oleh Ibnu katsir, walaupun
sebagian tafsir tersebut panjang uraiannya. Sebab kitab tersebut paling sah,
benar pada zaman ini.

Kemudian untuk nasehat dan pelembut hati maka wajib baginya membaca kitab
Riyadhus Shalihin oleh Imam nawani. Sedangkan untuk aqidah membaca Syarh
Aqidah Thohawiyah oleh Ibnu Abil Izzi Al Hanafi, dalam memahami kitab
tersebut dibantu dengan komentar dan penjelasanku pada kitab tersebut.

Kitab-kitab secara umum untuk dibiasakan membacanya antara lain kitab-kitab
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qayyim al Jauziyah. Saya
meyakini bahwa keduanya merupakan ulama langka di kalangan kaum muslimin.
Mereka berada dalam manhaj salafus shalih baik dalam pemahaman, takwa dan
kebaikannya.

Semoga bermanfaat.

Wassalaamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Ridha ibn Zainal Arifin ibn Muhammad Hamim
(l. 1980 M/1400 H)