Waalaikum salam wr wb sanak Erwin

  Ma kasih ceritanya.

  Satiok ado kamatian... uni acok takana kisah dun.
  Kadang pai takziah .. alah awak pulo nan banyak bacarito dari nan kamalangan..
  Dan uni maraso baruntuang .. karano uni urang nan bakomunikasi jo almarhum
papa tarakhir kali no.
  Wakatu uni ketek .. uni memang tukang uruik kaki, tangan dan pungguang papa.
khusus untuak pungguang .. bukan ba uruik tapi ba injak injak. Bia indak bosan
sambia ma injak injak uni maapa lagu wajib di sekolahan. Karajo mauruik papa
dun  iyo dilakukan sambia bamain main. Suasana iko nan muncul baliak terakhir
kali no... uni urak tangan papa nan alah talipek dun, uni usap-usapkan tapak
tangan papa ka pipi uni.
  Maso anak-anak ... maso nan sangat indah
  Maso remaja ... jan ditanyo ... sabana palala ..
  Antahlah kok dikana ...
  Berkat Rahmat Allah dan mungkin doa ortu ... uni bisa pulo ngenet hari ini.
Alhamdulillah.

  Salam

  Hanifah Damanhuri

Erwin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Walaupun terlambat, ambo berterima kasih ka Ibu/Uni Hanifah untuk berbagai
cerita ini. Insya Allah setiap peristiwa memberi pesan tersendiri kepada
kita, terlebih lagi pengalaman terkait maut ini. Kepada Allah jua lah kita
tujukan segala pinta dan mohon.

Kalau tidak keberatan, ambo pun ingin babagi cerita soal menunggu orang
menjelang maut. Kebetulan ini pengalaman ambo jo nenek ambo Hj. Chadidjah
binti Wahab yang meninggal sekitar sepuluh tahun lewat.

Ambo memang mendapat amanah dari beliau, jauh-jauh hari sebelum beliau
meninggal, di kala masih sehat, saat bergurau atau pun sedang rusuah hati
beliau. Beliau bapasan agar ambo ado di sisi beliau saat beliau menjelang
maut hingga mengantarkan beliau ke liang kubur.

Sebelum ajal beliau tiba, menjelang masuk ICU, ambo lah berada di sisi baliau
demi amanah itu. Satu dua hari menjelang masuk ICU, beliau bercerita
bahwasanya banyak sekali orang besar-besar berbaju putih berada di ruangan
kamar beliau istirahat. Ambo perhatikan bana tembok-tembok putih di kamar
itu, kalau mungkin dapat pulo ambo melihat orang berbaju putih itu. Selain
itu buru-buru ambo pai berwudhu untuk baco Qur'an, menghilangkan perasaan
yang berkecamuk di dada ambo.

Keesokan harinya, bacurito baliak beliau. Win, orang berbaju putih itu datang
lagi, tapi kini hanya berdua saja. Tak lama setelah cerita itu, beliau kami
larikan ke ICU.

Dalam perawatan di ICU dan menjelang koma beliau, ado pulo hal berkesan nan
ambo rasokan. Kepada setiap yang datang, nan ditanyokan beliau adalah nama
ambo, bahkan jika ditemani amak ambo, anak beliau satu-satunya. Sehinggo,
bilo lah sampai ke RS, langsuang sajo ambo masuk ke ICU karena lah diimbau
urang bahwa baliau mamanggil-manggil nama ambo. Pun ketika beliau koma, di
saat penunjuk parameter kondisi beliau tidak stabil, suster biasanya
memanggil ambo untuk masuk ke ruangan perawatan. Anehnya, begitu ambo berada
di sisi beliau, parameter kembali ke kondisi stabil.

Setelah melewati kondisi kritis dan kembali sadar, tetapi tetap dengan alat
bantu pernapasan dan lainnya, beliau meminta pulang karena sudah tidak
kerasan berada di RS. Permintaan yang sangat kami sadari konsekuensinya,
karena melepas alat bantu kehidupan. Setelah bertanya kepada ulama dan
diberitahu tidak baik "menahan-nahan" kehidupan beliau dengan alat bantu
tersebut, dan setelah memohon keridaan semua pihak, keputusan pun dijatuhkan,
beliau akan kami bawa pulang.

Menjelang pulang, ambo melihat keceriaan di wajah beliau, lai sempat beliau
tersenyum ke ambo. Dalam perjalanan pulang di atas mobil jenazah RS beliau
tetap tenang, dengan alat bantu pernafasan ke hidung yang sederhana.
Sementara kami mulai menahan duka dan air mata yang jatuh satu dua sambil
menghitung waktu. Di rumah, Ambo membantu beliau shalat Zuhur dan terus
membaca Yasin, sambil membimbing kalimat Tauhid keluar dari mulut beliau.
Ketika kalimat Allah terhenti dari mulut beliau, dan seorang kerabat
memeriksa nadi beliau, ambo belum selesai membaca Yasin. Beliau telah pergi,
dan kami ridha atas ketetapanMu ya Allah.

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar mati husnul khatimah,
dan aku mohon perlindungan dari-Mu dari su'ul khatimah."

wassalam,
erwin z

On Monday 26 February 2007 11:15, hanifah daman wrote:
> Waalaikum salam Wr Wb Bapak Saaf yth
>
> Amin YRA. Makasih doanya pak.
>
> Hanifah sering kepikiran... apa ketika papa dalam posisi tangan dilipat
> seperti sholat... malaikat maut sudah hadir disisi papa? Kenapa papa bilang
> dia bisa merasa tangan kiri dan kaki kirinya nya yang hanifah pegang ?
> Dalam hati ... jangan-jangan itu adalah rasa ketika maut mulai menjemput.
>
> Kalau hanifah tidak dipanggil mbak nani kedapur tentulah hanifah sibuk
> bermain-main dengan papa .. karena hanifah nggak ngerti kalau ajal papa
> sudah dekat. Sebelumnya hanifah juga baru beberapakali menyaksikan orang
> [...]

Be a PS3 game guru.
Get your game face on with the latest PS3 news and previews at Yahoo! Games.