Mas Satrio:

'Kan sudah saya bilang, ketika kehendak manusia dan
kehendak Allah menyatu, tidak ada yang mustahil. Allah mewujudkan kehendaknya lewat
manusia. Telur ayam jadi tupai bisa terjadi, jika Allah mau. Tapi kalau si manusia
mau, tapi Allah tak mau, ya nggak jadi.

RMDH: Tul sekali, mas. Terutama dilihat dari sisi transedental. Tapi dalam moment
simanusia mulai memohon, dia TAKKAN tahu, ini juga kehendak Allah. Misalnya kita
berdoa "Mohon lenyapkan KKN". Disaat kita berdoa, kita tak tahu Allah juga berkehendak
atau tidak. Nah, untuk itu, kita berupaya. dengan harapan, Allah juga berada dalam
karya ini. Mas, kalau kita berhenti dalam langkah doa, lalu mandheg, bisa juga terjadi
keajaiban, lalu tiba2 terjadi, karena Allah juga menghendakinya, tetapi secara
mathematis ini terjadi dalam 1: 1.000.000.000.000.

Mas Satrio:
Saya bicara dalam bahasa simbolis, jadi mungkin tak
nyambung. Maaf...

RMDH: saya juga berkias mas. Silicon itu menggambarkan, dari debu ini dapat muncul
kemakmuran, kalau diupayakan.

Mas Satrio: Saya sudah bilang, dikotomi zikir-doa dan usaha itu sudah tak berlaku,
ketika kehendak Allah dan manusia menyatu.

RMDH: Lha rak iya, KALAU. Tetapi dari bumi ini gak kelihatan isi langit lho. Bagi
kita, manusia yang mirip cacing melata dibanding Allah yang Maha Agung, tak mungkin
kita belum2 sudah anggap tak ada dikotomi. Selama kita berjazad dikotomi ini ada.
Karena itu kita harus lakukan seperti yang dikalangan Kristen dikenal sebagai Ora et
Labora.

"Ora" thok, mas, kita mungkin jadi begawan yang hidup di gua. "Labora" thok, tanpa
dirakhmatiNya, juga bisa ngawur.

Bahwa semua bisa terjadi DISAAT DIa menghendakinya ya jelaslah. Itu tak perlu kita
beberkan. Kalau Dia berkehendak, mas Satrio juga bisa terbang seperti Gatutkaca..

Salam

RM Danardono HADINOTO

Satrio Arismunandar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> RMDH: Lha ya jelaslah. Allah cukup bersabda lalu
> terjadilah. Lha wong alam semesta ini milik Allah.
> Allah gak perlu doa, doa sama siapa? Ini Allah lho.
> Tapi manusia? mau berkata lalu terjadi? Bim BIm
> Salabim? Lalu telur ayam jadi tupai?

'Kan sudah saya bilang, ketika kehendak manusia dan
kehendak Allah menyatu, tidak ada yang mustahil. Allah
mewujudkan kehendaknya lewat manusia. Telur ayam jadi
tupai bisa terjadi, jika Allah mau. Tapi kalau si
manusia mau, tapi Allah tak mau, ya nggak jadi.

> RMDH: Betul,mas. Dan jangan lupa, dari debu itu kita
> dapat kumpulkan partikel2 silicon..

> [...]

Dalam dimensi spiritual, semua terjadi karena
kehendak-Nya. Orang bijak melakukan apa yang
dikehendaki Allah, bukan apa yang enak menurut
nafsunya sendiri. Dan ketika Allah menghendaki
sesuatu, dan kehendak Allah itu sudah padu dalam
kehendak si manusia, tak ada yang mustahil.

Salam,
Rio

http://promotions.yahoo.com/new_mail

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi.4t.com