Saya hanya mengingatkan kepada umat Islam agar jgn terlalu banyak melihat ke
belakang. Sebentar-sebentar mengingat yg telah lalu. Lebih baik kita menatap
masa depan. Sebaik apapun masa lalu, kalau masa kini ancur-ancuran, ya percuma
saja. Islam mengalami masa kejayaan sudah lama sekali, dari abad 7 - 12 M,
sudah lama sekali, walau masa jayanya cukup  lama sekali, sekitar 5 abad.
Amerika belum 2 abad, Uni Sovyet belum seabad udah berkeping-keping.  Kita raih
kembali kejayaan, dengan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Tanpa itu,
semuanya Omong Kosong.

>--------->
>Pada saat itu, ilmu pengetahuan berkembang, dari aljabar (Algebra),
>Algoritma, Alkimia, kedokteran, dsb. Bahkan angka yang kita pakai
>saat ini berasal dari dunia Islam yang disebut "Arabic Numeral"
>(lawannya angka romawi).
>

>DH: Lhaaa mass, negara Islam mana kini yang dapat mengembangkan high
>tech dalam segala bidang? Sanggup? Yang dulu itu pengetahuan masih
>sangat sederhana, dan sudah tak berbekas. bagaimana yang sekarang?
>
>============================

saya percaya kemajuan peradaban itu milik seluruh umat manusia... dan
kemajuan teknologi diwariskan dari zaman ke zaman secara bergiliran dan
berkaitan... tak ada teknologi yang hilang tak berbekas...

peradaban islam bisa begitu maju pada abad 7-14 karena masyarakat saat
itu rajin menterjemahkan karya-karya para intelektual romawi... tak cuma
menterjemahkan, mereka kemudian mengembangkan sendiri... dari proses
itu lahir ahli-ahli seperti avicena (ibnu sina), averoes (ibnu rusyid), dll...
khasanah ilmu pengetahuan pun berkembang... tak cuma di bidang
matematika, kimia dan kedokteran, tapi juga filsafat...

pada periode itu ilmu pengetahuan begitu dihormati... mereka yang berilmu
mendapat penghargaan besar... tak peduli dia beragama islam, kristen
atau yahudi...

kemudian peradaban islam redup... dan barat mengambilalih lewat proses
pencerahan (renaissance/aufklarung)... proses ini mirip dengan masa awal
perkembangan islam... ada proyek penterjemahan berbagai macam buku
dan kemudian pengembangan sendiri...

tak salah bila ilmuwan besar seperti isaac newton mengaku dia bisa
melahirkan karya besar karena "berdiri di atas bahu para raksasa..."
ilmu pengetahuan memang tak pernah muncul dari kenihilan...

kita tahu, jepang juga memulai modernisasi pada masa restorasi meiji
di awal abad 18 dengan proyek penerjemahan buku-buku pengetahuan
dari barat... selain itu mereka mengirim ribuan ilmuwan (termasuk para
ronin = samurai yang tak lagi memiliki tuan, agar tak menimbulkan
kekacauan di dalam negeri) untuk belajar ke amerika dan eropa...

mungkinkah setelah barat (eropa dan amerika), peradaban maju
umat manusia berikutnya akan dipimpin manusia-manusia dari asia,
misalnya jepang, korea, cina...? wallahualam...

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM