>--------------------------
>
>DH: memang demikian mas. Ilmu pengetahuan itu adalah khazanah manusia
>yang membuahkan karya ini bersama sama dalam jangka waktu yang sama.
>saling mengembangkan.
>
>Ilmu Hitung juga dikembangkan di Tiongkok, bersamaan dengan
>pengembangan mathematika di Timur tengah. memang sulit membatasi
>dengan exakt, bagaimana perkembangan sebuah ilmu pengetahuan, karena
>ilmu yang tumbuh biasanya dikhabarkan dan dikembangkan ditempat lain.
>
>Lihat saja, perkembangan modern ilmu ilmu alam, yang dikembangkan
> [...]

saya kebetulan sedang membaca buku karya dan brown:
angels and demons...

tampaknya ada kesamaan cara pandang pak danardono dengan para
pengikut illuminati (atau freemason) dalam memandang hubungan
antara agama dan ilmu pengetahuan, seperti dibahas dalam buku
tersebut...

bahwa agama dan ilmu pengetahuan seperti air dan minyak
yang tak pernah ketemu dan sebaiknya memang terpisah...
sebuah sikap yang muncul karena trauma panjang akibat penindasan
gereja di abad pertengahan terhadap para ilmuwan, misalnya galileo....

seperti pak danardono, kaum illuminati juga gemar menggunakan
kata "pencerahan"... maaf lo, saya bukan sedang menduga pak
danardono anggota illuminati hehehe... saya tahu tanpa perlu menjadi
anggota illuminati atau freemason, banyak manusia (di timur maupun
di barat) sekarang ini juga skeptis terhadap hubungan antara agama
dan ilmu pengetahuan...

tapi, saya minta izin untuk berbeda pendapat... sejauh usia saya
yang hampir kepala empat ini, saya belum pernah mengalami ada
konflik yang serius antara keimanan saya dengan kebebasan
untuk mengenyam ilmu pengetahuan...

saya justeru merasa iman dan ilmu bisa hidup berdampingan dengan
damai.... mungkin persis seperti tokoh dalam buku dan brown itu:
leonardo vetra, ahli fisika yang sekaligus seorang pastor...

jadi, dalam soal ini mungkin kita bisa sepakat untuk tak sepakat
ya pak danardono...

salam,

http://us.click.yahoo.com/5F6XtA/.WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM