----- Original Message -----
From: "Mas Bagong" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ppiindia@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, June 23, 2005 4:49 PM
Subject: Re: [ppiindia] Re: Dikuras Asing (tanggapan untuk Mas Bagong alias
DG) (tanggapan balik)

Mas Bagong,

Coba direview berbagai tanggapan maupun komentar saya, tidak satu pun yang
mempertanyakan pergulatan anda dilapangan minyak atau siapapun yang coba
berpendapat tentang PERTAMINA dan Migas. Saya coba mengembalikan satu
lontaran pernyataan mas Bagong (yang seolah-olah) hanya orang yang berkubang
dilapangan MIGAS yang memiliki kapasitas berpendapat tentang MIGAS dan
PERTAMINA.

> [...]
> jawab bahwa saya sudah pernah bekerja di berbagai lapangan minyak,
> mulai dari Prabumulih SUmsel, Asamera bahkan hingga di Handil
> Kaltim... Pernah di pertambangan emas mulai dari Freeport di Irian
> hingga eksplorasi di Lhok SUkon Blang Kejeren... Pernah kerja di
> pengeboran geothermal mulai dari masa jaya geothermal hingga hancurnya
> proyek geothermal saya ngalami...
> Jadi saya bekerja untuk berbagai perusahaan mulai dari yang sangat
> profesional dengan sistem HSE yang bagus hingga perusahaan yang
> 'ceng-ceng-po' alias sekedar proyek 'money-laundering'....

WILL

> DG: masalahnya apakah dengan kondisi pertamina sekarang ini akan
> efektif? Artinya bisakah pertamina ini nanti mensejahterakan rakyat?
> Lihatlah  berita terakhir mengenai tumpahan minyak pertamina di Jambi,
> bagaimana mereka tidak profesional dalam bidang HSE mereka...Ini baru
> contoh kecil mas.... Kalau mau diberikan pun sekarang, saya khawatir
> sepanjang sistemnya masih kaya begini, ya malah ngabis-ngabisin duit
> dan nambahin utang negara...(ujung-ujungnya pajak pendapatan dinaikkan
> lagi nih...)

Tolong anda baca pendapat saya diatas (yang berada tepat diatas pendapat
anda ini). Saya mengatakan dengan jelas bahwa harus dilakukan perombakan
sistem dan mekanisme untuk mengontrol kinerja dan manajemen PERTAMINA. Baca
dong mas.... (jangan asal nanggapi doang....)

Untuk
NASIONALISASI...

> DG: Nasionalisasi? Yah mas, sekarang ini bukan masa BK yang demikian
> mudah menasionalisasi perusahaan orang...

Itu sebuah pernyataan dari saya buat pemerintah sebagai sebuah solusi ektrem
dalam mengatasi berbagai persoalan kebangsaan. Why not? Lihat perkembangan
terakhir di Venezuela dan Bolivia. Saat Presiden Hugo Chavez dengan dukungan
rakyat Venezuela dengan tegas dan lugas mengecam praktek kebijakan Ekonomi
dan Politik USA, dan menolak program Privatisasi yang diajukan IMF dan Bank
Dunia. Salah satu kebijakan Hugo Chavez yang akan segera dijalankan adalah
menasionalisasi semua aset-aset asing. Lihat juga bagaimana rakyat di
Bolivia yang mendesak Pemerintah-nya untuk menasionalisasi Perusahaan
pertambangan seperti Repsol, British Petroleum, Total Fina, Enron, Shell,
Petrobras dan lainnya.
Kesimpulannya : Program Nasionalisasi bukanlah sesuatu yang tidak mungkin di
masa sekarang.

> perusahaan dan anda habiskan jutaan dolar untuk investasi lalu
> mendadak orang datang dan mengambil alih begitu saja? Yang bener aja?

Pendapat anda diatas ini yang paling menggelitik buat saya......... Apakah
kekayaan ALAM Indonesia yang dieksploitasi tidak sebanding dengan Investasi
jutaan dollar tersebut? Apakah mereka bisa berinvestasi dan melipatgandakan
keuntungan tanpa didukung cadangan MIGAS yang terkadung didalam perut bumi
Nusantara? Logika sederhananya begini (biar anda dapat mencernanya) :
Perusahaan asing membawa "MODAL" dan Pemerintah Indonesia memberikan Sumber
Daya Alamnya. Sampai disini Logikanya "IMPAS".
Selanjutnya, siapa yang harus menanggung beban kerusakan daya dukung
lingkungan (darat dan laut) pasca penutupan tambang? Berapa dana yang harus
dikeluarkan untuk merehabilitasi kerusakan lahan disekitar areal eksploitasi
pertambangan?

Pengalaman selama ini dari berbagai operasi pertambangan (bukan hanya MIGAS)
membuktikan bahwa keuntungan yang masuk ke KAS pemerintah Indonesia dari
total produksi pertambangan sangat minim. Kasus Freeport di Papua, Inco di
Soroako, Caltex di Riau, Newmont di Minahasa dll memberi gambaran potret
buram dunia pertambangan di Indonesia. Ternyata pertambangan tidak membawa
manfaat yang berarti buat rakyat Indonesia, apalagi buat masyarakat
disekitar lokasi pertambangan. Tapi mungkin berbeda pandangan dengan
"orang-orang Indonesia" yang tercatat sebagai karyawan Perusahaan
pertambangan, yang mendapat berbagai fasilitas penunjang kehidupan duniawi.
Anda mungkin salah satu-nya.....  Ini Perspektif pertambangan secara umum
untuk MENJAWAB LOGIKA INVESTASI YANG ANDA SAMPAIKAN.

 > APakah orang harus ke lapangan minyak untuk berbicara minyak?

> DG: saya tidak melarang orang bicara mengenai migas, tetapi kalau
> berpendapat mbok ya yang logis dan rasional bukan emosional dengan
> alasan 'nasionalisme'...

Yang tidak logis dan rasional itu siapa? Anda menyampaikan pendapat dalam
persfektif tekhnokrasi. Tapi tidak menyentuh aspek Sosiologis dan Antrologis
ketika berbicara Pertambangan. Apakah ketika perusahaan pertambangan akan
menentukan titik eksplorasi sampai proses eksploitasi tidak menyentuh aspek
sosiologis dan antropologis??? Saya kira orang-orang seperti anda hanya
dibutuhkan saat proses eksploitasi dan produksi saja... tapi tidak saat
merumuskan AMDAL-nya....he....he.......Just Kidding.

Penolakan saya TIDAK berpijak pada sisi NASIONALISME SEMPIT, melainkan dari
sisi yang ideologis yakni PENOLAKAN TERHADAP AGENDA-AGENDA
NEOLIBERALISME.............

yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.org