Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah di milis ini bahwa ada
masalah dengan daya tangkap bung Togi ini, saya perlu meluruskan
bahwa:

1) Pidato terakhir Rasulullah SAW ini berhubungan dengan surah Al-
Maidah 3: "...Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu,
dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam
itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan
tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi
Maha Penyayang."

sedangkan

2) AlHujarat 13 berbunyi: "Hai manusia, sesungguhnya Kami
menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan
menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu
saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara
kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.
Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

tidak berhubungan dengan Khotbah Al-Wada tsb.

3) Mencapai taqwa itu ada tahapannya: Islam, Iman, Ikhsan, dan
Taqwa...(bukan 'tawa'). Gimana bisa taqwa kalo gak ikhsan, gimana
bisa ikhsan kalo gak iman, gimana bisa iman kalo gak islam?. Manusia
itu memang banyak levelnya.

***
Betul, emang top abis. Wong dah di janjikan oleh Allah sendiri bahwa
Allah telah meridhoi Islam itu sebagai agama manusia, ngapain milih
yang lain yang gak dijamin olehNya?...:-)makasih.

wassalam,

--- In ppiindia@yahoogroups.com, partogi samosir
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> dalam pidato terakhir Nabi Muhammad dalam Haji Perpisahan (Hijjat-
u 'l-wada), dinyatakan bahwa kelebihan seseorang atas yang lain
hanyalah menurut kadar dan tingkat ketawaan yang dapat dicapainya.
Ini tertulis dalam al-Quran surat al-Hujurat/49:13.