mohon maaf seblmnya kalo ada yangtersinggung, nama sy tomi, dulu aktif
dipramuka smu 13 jkt dan seingatsaya, sudah lama bergabung dalam milis ini kalo
tidak salah tahun 2000,pada awalnya saya liat milis ini tidak berkembang karena
posting ke milishanya sedikit sekali dulu seminggu paling hanya ada 5 email
yang masuk kemilisi ini,  dalam perkembanganya ternyata srkng sudah banyak
yangaktif posting ke milis ini, tapi saya senang krn bisa banyak
mendapatpengetahuan baik ttg kepramukaan maupun yng lainnya, dan sering email
drmilis ini sy forward ke milis yg lain termasuk milis pramuka 13 ordisingkat
pragalas. akan tetapi srkng saya sedih tenyata kitasebagai  sesama bekas maupun
menjadi member pramuka sering berdebathal2 yang tidak perlu dan tidak
membangun,mis masalah email2 yg di kirimmas hendry, sebenarnya itu adlh masalah
sederhana tidak perlu diributkan,milis ini adl media bebas wong kita aja tidak
bayar kepada yahoogroupsuntk milis ini trus kenapa kita harus membatasi
 orang untuk posting, cobakita semua bersikap lebih dewasa kalo emang merasa
udah dewasa. tidakperlu kita merasa benar, karena kita hanya manusia yang
ilmunya hanyasetetes dr luasnya lautan. tidak perlulah kita saling menyerang
danmenganggap dirinya benar kenapa kita tidak saling menghargai satu denganyang
lainnya, mungkin saat ini kita belm membutuhkan email2 yang dikirimoleh teman2
milis tetapi suatu saat pasti kita akan membutuhkannya. ituyg saya rasakan,
kita disini untuk membuat pramuka lebih baik kedepannya. kita semua tahu
pramuka saat ini dalam krisis baik krisiskepemimpinan maupun anggotanya, karena
pramuka saat ini dianggap sbgorganisasi kampungnya coba teman2 semua lihat
berapa jumlah anggotapramuka skrng, kalopun banyak karena diwajibkan bukan dr
keinginansendiri. jadi kenapa kita tidak saling berbagi bagaimana pramuka
bisamaju kedepannya. sorry kalo email ini kepanjangan saya hanya sedihmelihat
perdebatan yang tidak perlu terjadi dimilis ini thanks

Best Regards,

Tomi Gutomo