Kak Hen hen,
 Alangkah bijaknya apabila anda pun mengkoreksi diri sendiri sebelum
 meminta orang lain untuk mengkoreksi dirinya.
 Menurut saya, penyataan tentang istilah2 dasar di kepramukaan pun sama
 pentingnya dengan masalah form tersebut.
 Saya pun dulu semasa aktif mungkin seperti kakak, tidak terlalu
 mengabaikan hal2 kecil seperti itu, namun ketika kita bercermin kepada
 orang lain, sangat banyak kesalahan yang saya lakukan.

 Salam,

 Roni Sadrah.
 Pembina Penggalang Gudep KB 13007 Bandung.
asep menulis :
terimakasih kak roni,sy juga setuju akan hal itu agar AD/ART pramuka tdk
terjadi distorsi, tapi klo kak roni melihat dari awal2X topik permasalahannya
maka kak roni akan tau sebenarnya, sy siap menerima kritik dan saran, itu
memang baik utk kelanjutannya, bahkan sempat disinggung oleh k berthold masalah
dan kk sendiri mengenai masalah kecil ini bisa menjadi pelajaran adik2x
penggalang yg lain.ya itu memang benar.sy setuju.

tapi klo kak roni melihat dari awal sekali2x pembicaraan yg sy buka, sepertinya
kak berthold ingin memutar topik yg saya sdg ajukan kepada kwarnas (mungkin
karna beliau dari kwarnas) yakni "kapan form penilaian LT V bisa kami dapatkan
? ", skrang klo dia bijak, seharusnya dijawab terlebih dahulu baru kemudian
mengomentari yg lain klo begitu dia hanya bisa mengkritik tanpa bisa mau
dikritik (karna tak memberikan jawaban yg jelas dan gamblang topik yg awal saya
ajukan), terlebih2 ini masalahnya adalah masalah LT V yg notabenenya BERSKALA
NASIONAL, justru citra ini sangat dahsyat yg mana bisa menjatuhkan citra
kwarnas di mata 33 kwarda/propinsi pramuka, yg mana sy melihat dari kontinegen
tertentu sangat tdk puas ketika pengumumna diumumkan jusru mereka melakukan
yel2, ditambah ada teriakan didepan mikrophone dan ada beberapa regu yg
mengeluarkan yel2 didepan warnas dgn menyanyikan "jurinya ngga adil" tapi bagi
kami (kontingen DKI Putri) menyikapinya dgn bijaksana, kami tdk
 melakukan sesuatu yg tdk sesuai dgn kode etik perlombaan..justru kami
menganggap hal2 yg tadi tdk dibenarkan, cuman sy sesalkan kpd pihak kwarnas "
knapa sy yg hanya meminta form penilaian tapi TIDAK DIJAWAB2 HINGGA 2-3 HARI
INI" justru kak berthold pintar memutar balikan topik yg mana dia mengatakan
hal2 yg kecil bisa mempengaruhi adik didik kita " yups itu sy jwb benar sekali,
skrang justru bagaimana dgn ketidakadilan juri LT V menyangkut transparansi
nilai justru itu menyangkut nama baik kwarnas di mata kwarda/33 propinsi juga.

asep hen hen
pelatih pasukan js basuki rahmat
sltp 66 jakarta

             __