Salam Prmuka !
wah kalo mengenai golongan pandega kayaknya saya juga mau rembug saran..menurut
saya bukan masalah dibubarkan dan tidaknya, andai memang golongan pandega tidak
layak lagi menjadi peserta didik ada baiknya di naikkan saja masuk ke golongan
dewasa, sebenarnya di AD/ ART sekarang sudah ada dimasukkan ke dewasa muda,
namun masih tidak jelas bagaimana sebenarnya dewasa muda, saat dulu pandega di
bentuk seperti disampaikan kak farli beberapa waktu lalu sebenarnya ada makna
dibalik itu, namun melihat kondisi sekarang sebenarnya membubarkan golongan
pandega tidak akan menyelesaikan masalah yang ada di GP yang udah banyak,
justru sebenarnya golongan ini bisa diajak turut serta membantu Gerakan
Pramuka.kalo kita mau jujur golongan pandega yang ada saat ini menurut kacamata
saya lebih banyak yang ada di perguruan tinggi,ada baiknya juga dilibatkan,yang
jelas masih ada manfaatnya kok golongan pandega,jadi tinggal bagaimana
mensikapinya.

Memed
ex anggota Racana Gadjah Mada
Pangkalan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta