Kak Kukuh.

Memang bbrp rekan menguslkan sy sbg moderator milis ini, dan wkt itupun
telah saya jawab bahwa sy tdk bersedia dan sampai skrgpun sy tdk bersedia.
Mohon maaf kak. Dan sayapun tdk bersedia mengaplikasikan ilmu sy disini krn
sy menghormati kakak sbg moderator yg pernah menegur sy terlalu banyak
mengirim artikel2 pengembangan diri dan saya menurutinya hingga kini.

Saya td sempat lihat bahwa ada bbrp moderator sebelum kakak mensetting saya,
Farli & Wayan sebagai moderator, dan saya menyarankan & mengusulkan kpd
kakak selaku moderator utama utk lebih aktif di milis ini (melihat situasi &
perkembangan) dan kakak dpt mengaktifkan tim moderator yg telah ada. Cobalah
dgn membuat suatu tata tertib, walau dibilang kita Pramuka yg mempunyai Tri
satya & Dasa Dharma ttp kita lht sendiri perkembangannya spt apa, hingga
akhirnya sy menulis spt dibawah ini.

Sedikit pengalaman sy dlm mengelola milis tci, sy & tim moderator hrs
menyempatkan selalu mengecek situasi, terkadang dr kami berhalangan & kami
kordinasi utk yg lain bs aktif, apalagi milis tsb di setting moderasi. Milis
tsb milis non pramuka ttp sy secara perlahan memasukkan unsur2 pramuka di
dalamnya spt persaudaraan, jd pd saat ada yg menjatuhkan individu rekan yg
lain, maka moderator lsg menghentikan diskusi tsb, kembali kami mengingatkan
bahwa milis ini bukan utk menjatuhkan ttp sbg jaring networking,
pembelajaran & persaudaraan.

Kak Kukuh sy yakin ditengah kesibukan kakak, pasti kakak bisa menyempatkan
diri utk mengatur milis ini dgn lbh baik, krn itulah kosensekuensi seorang
owner & moderator sebuah milis. Dengan menjadikan sy moderator bkn berarti
milis ini akan berjalan lebih baik, semua tergantung di kakak sendiri sbg
moderator utama & owner dr milis ini. Dan saya menyarankan alahkan baiknya
moderator yg telah ada lbh aktif dlm mengurusi milis agar terlihatlah
terlebih dahulu perannya dlm menertibkan milis ini, krn bukan tdk mungkin
akan ada org yg berprasangka dgn ditambahnya moderator, maka semua yg
ngejalanin adalah moderator yg baru tsb krn mereka aktif, dan yg lama tetap
spt semula. So tunjukkanlah bahwa kakak adalah moderator milis ini, krn sy
yakin masih banyak anggota milis ini tdk tahu siapa moderatornya.

Terimakasih & sekali lagi sy mohon maaf jk email sy ini tdk berkenan di hati
kak Kukuh yg baik dan keputusan sy tetap bahwa sy tdk bersedia menjadi
moderator milis ini.

Terimakasih kakak pasti bisa membuat milis ini lbh baik lagi

Regards,

HENDRY RISJAWAN

  _____