Asumsi:
Alex Aan sedari kecil sudah berfikiran progresif dan adalah hak dia pribadi
untuk menjadi seorang atheis.

Dengan kondisinya yang seperti itu dan menyadari keadaan Indonesia sekarang
ini, apakah dia begitu naif untuk menerima tawaran jadi admin "Ateis Minang"?
Ataukah dia itu sadar akan akibatnya dan sudah dimimg-imingi janji untuk bisa
bermukim di LN?

Dengan keadaannya yang sekarang ini menjadi berita internasional, Alex Aan
berhak mendapatkan status pengungsi dari UNHCR dan bisa minta suaka pada suatu
negara yang mau memberikannya.

Apa benar ada yang sudah mengiming-imingi dia dan ada yang mau menampungnya
hidup di LN?

Kehidupan di LN tanpa ketrampilan yang dibutuhkan (macam IT dan lainnya) dan
hanya ketergantungan pada santunan bukanlah kehidupan yang nyaman. Tapi, bagi
yang muda dan cerdas, maka dia punya kesempatan untuk meningkatkan diri dan
mendapatkan ketrampilan yang dibutuhkan di negara baru.