Banyak orang Arab di Timur Tengah yg mualas sekali. Sebagian negara di sana
diberi Auloh sumberdaya minyak dan gas bumi. Praktis dari permulaannya yg
menemukan, yg melakukan exploitasi dan yg memasarkannya semuanya bangsa Barat.

Opa aku sudah lebih dari 15 taon bekerja sebagai consultant untuk perusahaan
minyak dan gas US. Sesudah istri pertamanya meninggal dia kawin dengan
perempuan Arab Kristen asal Beirut. Mereka nyanda punya anak. Karena aku
termasuk cucu kesayangannya maka sering diundang tinggal & pasiar di TimTeng
dan Eropa deng Oma Elizabeth. Dua taon terakhir Opa bertempat tinggal di Doha
rumahnya dekat deng Wisma Indonesia.

Begitu kayanya Qatar rakyatnya mendapat listrik, telpon, air gratis. Kalau
penduduknya sakit boleh dirawat cuma2 di Rumaah Sakit modern yg hampir 95%
staffnya termasuk dokter dan perawatnya orang asing. Kalau penyakitnya tidak
boleh ditangani di Doha, paspenkhususnya anak2 dikirim ke London, dsb disertai
ortu mereka. Sayangnya kesemuanya ini membuatorang setempat males be'eng. "Why
should I work when I can get a Pakistani to do the job!" itu slogan mereka.

Di luar Doha ada pangkalan militer USA yg besar sekali. Pangkalan ini sudah
selesai disiapkan ketika Saudi Arabia 'mendepak' pangkalan serupa dari kawasan
mereka. Sejak Asian Games lalu yg diadakan di sana, banyak sekali kemajuan yg
dapat dilihat. Qatar Air dinyatakan oleh IATA sbg airline berbintang 5.
(Dihidangkan khamar dlm penerbangannya!) Masyarakatnya menjadi lebih terbuka,
sesudah melihat atlit2 perempuan dari banyak negara Asia yg tidak memakai
burqa, dsb. Aku sering kngkow dg siswi2 university tg kebebasankaum perempuan
di Asia khususnya di Indonesia. Mereka iri danbanyak yg pergi ke Indonesia
untuk melihatnya sendiri. Satu siswi memutuskan belajar di Sydney dan selama 1
tahun tinggal dengan aku. Oh, ya perempuan Qatar boleh nyetir sejak early
2004(?) namun masih sangat dibatasi untuk bekerja.

Di sana mereka sering nyeletuk the Kingdom of SaudiArabia membiayai jemaat haji
dari Indonesia karena Indonesia adalah negara miskin! Sedapat mungkin aku
jelaskan hal ini tidak benar sama sekali. Calon haji Indonesia menabung puluhan
tahun dan menjual sawah mereka untuk menunaikan rukun ke-5 ini! Sembari mringis
orang2 Arab mengatakan kpd aku bhw tidak ada Muslim yg benar kecuali Muslim
Arab.

Kembali mengenai kemalasan bangsa Arab Qatar (dan juga yg lainnya) pekerja
asing jumlahnya hampir 3kali dari jumlah orang Arab setempat. Karena begitu
rendah pengetahuan TKW Indonesia mereka hanya mampu bekerja sebagai babu dan
pengasuh anak2. Perempuan Philipines sebagian besar bekerja sbg pelayan toko2,
di perusahaan dan hotel2. Pemerintah Philipines  benar2 melindungi warga
negaranya. Income mereka yg dikirim ke keluarga dimasukkan dlm budget negara.
Indonesia justru merampas,mempersulit, menipu para pejuang TKW/TKI kita.

Kombinasi dari banayak faktor ini membuat mereka bersedia membayar gajih yg
tinggi kepada Indonesian professionals spt insinyur, teknisi, consultants, dsb.
Dlm urusan security mereka sengaja mempekerjakan orang2 Aaustralia dan hampir
tidak ada orang Arab sendiri (kecuali the big bosses) yg dipercayai menjaga
keselamatan Emir Al Thani. Orang2 Arab pada umumnya sangat generous sebagai
hosts, tapi mereka sangat amat chauvinistic. Dan percaya bhw mereka diciptakan
sbg umat yg terbaik di antara semua bangsa. Mungkin kepercayaan ini membuat
mereka complacent dan merasa tidak perlu berbuat apa2 termasuk belajar(ingat
segala ilmu pengetahuan sudah tertulis dlm Al Qur'an).

Gabriella