--- In proletar@yahoogroups.com, "Teddy S." <teddyr@...> wrote:
>Terus terang sebenarnya saya beli Audi ini untuk menyenangkan
>ibu saya. Beliau suka interior Audi yang demikian lega dan
>tempat duduknya yang juga nyaman. Suara mesinnya sangat halus.

Ngendarai mobil Audi si Sydney, di Chicago atau dikota Charlotte
sih, bisa pegang setir sambil bersiul tak usah menggerutu sagala
dan bisa jadi suara mesin terdengar halus lus.

Yani mau ajak keteman sekerja didaerah Bintaro, saya bilang
jangan harap saya yang pegang setir. Dan sialnya dia juga tak
mau setir, keadaan jadi buntu tak seorangpun mau nyetir.

Pake taksi aja, Yani bilang. Okeh okeh. Akhirnya paki taksi
bluebird dari Kemang. Sopir taksi bilang harus bayar tiket tol,
okeh kita bayar. Tol seringkali dijagokan sebagai solusi anti
macet dijam-jam tertentu.

Tapi kita tidak bisa terus-terusan di tol dan pada suatu saat
kit harus keluar dari tol untuk...untuk mengambil jalan biasa
sampe ketujuan.

Nah disini kena batunya ! Karena Indonesia itu punya yang nama-
nya "jalan" masih menurut konsep zaman londo. Jalan itu satu
mobil utk satu arus, dan satu arus lagi utk satu mobil dg arah
yg berlawanan.

Dikiri kanan jalan penuh dengan jongko (PKL), mobil angkot,
sepeda motor, bajay, tukang parkir, tukang beca, tukang ojek
tukang ngamen bawa gitar, tambur dll.

Yani bentar-bentar lihat jam tangan " duh udah dua jam belon
nyampe juga" keluh dia. Si sopir taksi mulai kesal dan keluarin
sapu tangan lalu minum botol aqua. Mau bentak pengendara motor
gak jadi karena dia musti buka jendela dan AC berderung lebih
kuat.

"Mahap, saya tidak bisa maju lebih jauh lagi. Macet total dan
saya terlalu cape, kerja dari subuh " sisopir taksir bilang.
Akhirnya kita bayar taksi dengan rada tinggi dan tak sampe pada
tujuan. Kita keluar dari mobil dan tak tahan lama berada di-
pinggir jalan, terlalu sesak dengan polusi.

Tempo hari berita di Kompas ada anak jendral yg terjebak di
tempat macet, bikin ulah dg mengeluarkan kartu nama bapa' nya
yg jendral hingga aparat penjaga gerbang jalan Busway jiper
dan membukakan gerbang. Ke-esokan harinya si babeh ampun-
ampunan menta mahap atas kelakuan anaknya.

Hari ini kejadian muncul lagi, satu mobil terjebak dijalanan
untuk busway dan turun utk dorong penghalang gerbang jalan.
Rupanya masing-masing melakukan pelanggaran dengan thema yang
sama, kemacetan. Jalanan disetiap kota di Indonesia itu samasekali
tidak memadai untuk digunakan mobil saking padatnya dengan
kendaraan.

Disinyalir nanti pada tahun 2014, diperkirakan keadaan akan lebih
memburuk. Penduduk terus menerus bertambah dan golongan kelas me-
nengah semakin menderu agar status sosial digelar dengan perasaan
"wah !" memiliki mobil. Keren jek !