handukku tergantung di tiang jemuran di halaman depan.
walaupun bercelana pendek, saya nekad pergi mengambilnya.
ehm.. si eneng manis  berbaju merah tetangga baruku di sebelah rumah
lewat...
tapi sudah terlanjur terlihat.. ah.. pura2 somse aja.
lagian saya sudah punya ajeng.

seketika ada yg memanggil..
mas, kardus besar di depan rumah kemarin koq gak ada?
hmmm? .. bingung..
siapa anak kecil yg bertanya ini?
ooh.. si pemulung yg kemarin siang rupanya..

hadi (h) :kenapa .. kenapa ?
tanyaku dengan nada halus tapi dgn suara yg jelas...
biar si eneng berbaju merah tahu kalau tetangganya ini selain ganteng
juga berbudi halus....

kemudian dengan setengah mengadu dia bilang kalau kardus besar yg
berisi rongsokan, yg sudah dia kumpulkan dari barang2 bekas yg dibuang
kakak saya ternyata raib ketika hendak diambilnya kemudian.

pemulung (p) :iya mas, lupa.. keburu diambil pemulung lain
h :kenapa kemarin gak langsung diambil?
p :iya.. padahal isinya sudah banyak. saya pulang dulu karena bawaan
saya sudah terlalu banyak.

gitu rupanya..
kasihan juga anak ini.
kemudian terpikir belasan botol air literan yg tersimpan di dapur.

h: sini deh ... saya punya banyak botol di dalam, ambil saja sendiri..

wajah si pemulung menjadi sumringah gak kepalang karena jumlah
botolnya memang sangat banyak.
biasanya sih, botol2 plastik spt itu masih ada rupiahnya.
tapi si hadi ini memang sangat dermawan, karakter turunan kali.

emak saya yg lagi di dapur, yang ikut mendengar saya bicara dgn si
pemulung kemudian mengijinkannya mengambil semua botol tsb.

emak (e) kemudian bilang, "kecil2 koq sudah jadi pemulung".. sambil
tersenyum... iba...

e: sudah sekolah de ?
p: sudah
e: kelas 6 esde ?
p: sudah lulus smp bu, ijasahnya juga ada...

emak juga saya kaget..
tubuhnya yg pendek, tapi sekolahnya sudah lumayan tinggi. si gepe aja
kalah, kali.

h: itu setrikaan bekas kalo mau ambil aja...
h: trus kaleng2 itu ambil juga yah..

makin cengar-cengir aja ntu si pemulung...

e: asalnya dari mana, de?
e: ibu dan bapak masih ada?

p: dari jawa bu. masih komplit. malah ibu saya besok mau kerja di
rumah yg ada pohon jambu di dekat masjid sana (sambil nunjuk ke masjid
di gang yg sama).

saya meninggalkan mereka berdua ngobrol karena gerahnya bandung sudah
bikin keringetan..
tapi sambil mandi, percakapan emak dgn si pemulung masih terdengar jelas.

e: punya hape (handphone), de?
p: punya bu, sekarang lagi gak dibawa.
e: nomornya berapa? biar nanti kalau ada rongsokan lagi, ade bakalan
dikasih tau..
p: lupa bu, nanti siang ke sini lagi..

tiba2 saja saya teringat jusfiq...
dia punya hape gak ya?
suka sms-an sama kimhook gak ya?
kalo gak punya, si pemulung lebih makmur dong dibanding doi.

banyak yg ditanyakan emak ke si pemulung.
sampai akhirnya si pemulung pulang.

h: tadi ntu namanya siapa?
e: lupa gak ditanyakan, tapi emak cuma manggil ... "ade"

maap ya ade kimhook...
gak ada maksud emak saya ngeledek ente.
kesamaan nama tidak berarti kesamaan tokoh pelaku.
lagian, emak saya gak pernah subscribe di milis prol.
dimaklum yah..^_^

emak memang berbudi mulia, dan sangat dermawan.
bahkan emak menyesal karena lupa memberi makan si ade.
tapi, uang serebu yg tercecer di dekat pot rumah (mungkin duit ponakan
yg jatuh), sempat diserahkan ke si ade dengan iklash.

itulah kisah pagi ini.
antara keluarga dermawan dengan si pemulung.