Pak Sunny

ini saya cuplikan pidato Soekarno ttg Soviet Russia

---------
Lihatlah pula - jikalau tuan-tuan kehendaki contoh yang lebih hebat - Soviet
Rusia! Pada masa Lenin mendirikan Negara Soviet, adakah rakyat soviet sudah
cerdas? Seratus lima puluh milyun rakyat Rusia, adalah rakyat Musyik yang lebih
dari pada 80% tidak dapat membaca dan menulis; bahkan dari buku-buku yang
terkenal dari Leo Tolstoi dan Fulop Miller, tuan-tuan mengetahui betapa keadaan
rakyat Soviet Rusia pada waktu Lenin mendirikan negara Soviet itu.

----------

Melihat history Bolsyewik Russia, benernya sama saja, ketika itu banyak rakyat
Soviet Russia mati kelaparan, kemiskinan, dan juga buta huruf...

tapi ada VISI dari pemimpin Revolusinya, yaitu VI. Lenin, untuk membawa rakyat
Soviet Russia kedalam weltanschauung ilmu pengetahuan/natural sains...(benernya
pengaruh ini melanda seluruh eropa, karena fase ini adalah fase aufklarung
eropa)

dan terbukti, dari keadaan Soviet Russia pra bolsyewik, mereka sudah menjadi
negara adidaya di tahun 1945...

ini lain dng visi Soekarno, yg tetap punya ideologi mistisisme, yaitu PANCASILA.

salam