Sekali lagi gua bilang ke lu spy belajar dulu sebelum lu buka mulut.

1. Perpuluhan itu ada ditulis di Alkitab, jadi itu bukan akal2an atau kibulan
pemimpin umat.
--------end Quote

Betul sekali bahwa perpuluhan tertulis di Alkitab, justru disinilah awal
mulanya. Bahwa pemimpin umat pada waktu itu, katakanlah Musa. Sebagai pemimpin
organisasi keagamaan, Musa tentulah membutuhkan dana untuk menggaji orang2 yang
terlibat dalam kepengurusan organisasi termasuk dirinya. Untuk mendapatkan dana
itulah pemimpin umat pada waktu itu menciptakan system perpuluhan. Cara ini
kemudain dilanjutkan antar generasi sampai sekarang.

2. Umumnya, gereja ga maksa berapa yg hrs dikasih ke gereja, biarpun emang ada
gereja2 tukang tipu kayak gereja aliran Bethany atau Saksi Yehova yg emang
ngarahin jemaatnya spy ngasih duit sebanyak2nya. Tp kalo ada yg ga mau ngasih
sama sekali jg  gpp
--------end Quote

Dewasa ini perpuluhan menjadi silang pendapat diantara gereja gereja, ada yang
masih setuju dengan perpuluhan ada yang tidak setuju, masing2 punya argumentasi
dan ayat2 rujukanya. Dimilis ini Suryana menulis bahwa di gereja Katolik
perpuluhan sudah tidak diperlukan lagi, dan pengalaman saya dari hasil ngobrol
dengan orang Yehovah, bahwa digereja Yehovah sudah tidak ada lagi perpuluhan,
entah kalo di Bethany. Sampeyan hanya asal cuap, pokoknya asal berbau Yehova
pasti sampeyan anggap jelek. Tentang perpuluhan bisa langsung sampeyan tanyakan
ke situs resmi Yehovah, pasti mendapat jawaban, umumnya mereka senang dengan
bertukar pikiran.

3. Pendeta di gereja2 spt GKI itu ga lebih cuma karyawan doang, mereka digaji
oleh gereja dan mereka ga pegang duit gereja sama sekali. Keuangan gereja
diurus oleh bendahara gereja yg anggota jemaat yg dipilih Kalo pendeta dikasih
mobil oleh gereja, itu ga ada salahnya krn pendeta itu jg orang yg punya
kebutuhan dan dia udah kerja ga beda dgn laryawan di bidang lain
--------end Quote.

Memang inilah gunanya perpuluhan, uangnya bisa dipake buat beli mobil pendeta,
menggaji pengurus gereja, membantu umat sekedarnya jika diperlukan, membeli
indomi untuk dibagi2kan dll. Lah kalo bukan uang dari hasil perpuluhan memang
uang dari mana?

Kalo begitu apakah perpuluhan itu diperlukan? Terserah, wong diantara orang
Kristen sendiri saja tidak sependapat, apalagi dengan saya. Cuma saya ingin
menyampaikan kisah rekaan sbb:

Bahwa pada jaman dahulu di India ada seorang pencuri, suatu malam pencuri masuk
kerumah orang kaya, belum lagi dia mendapat hasil curian, orang kaya tsb
terbangun, kemudian teriak teriak minta tolong. Pencuri ini kalang kabut lari
dikegelapan. Kemudian para tetangga datang membantu mencari disetiap ruangan,
kolong meja, sampai ke sudut sudut kebun, namun tidak mendapat seorang
pencuripun, yang didapatkan adalah seorang pertapa berambut gimbal, wajah dan
badanya berlumur debu, duduk sila dibawah pohon randu tua dikebun belakang.
Kemudain orang banyak bertanya apakah pertapa melihat seorang pencuri, pertapa
hanya menggeleng. Orang banyak berpikir bahwa pertapa adalah orang suci, mana
mungkin dia berbohong, tidak lama tersiarlah berita diseluruh desa bahwa ada
seorang suci sedang bertapa dikebun belakang. lalu orang berbondong bondong
menemui sang pertapa memohon berkat sambil membawa panganan dan buah buahan.
Kemudain pencuri tersebut berfikir. Ternyata mencari penghidupan di jalur
keagamaan jauh lebih mudah dari pada kerja membanting tulang.

Rahayu