sanang mandanga pituah ronal dari puncak gunung, yo
taraso beda katiko awak mahota di jakarta nan sumpek
ko..

Ronal , ambo waktu sma dulu sering naik gunung, waktu
ketek di canduang dulu, sering pulo diajak bajalan
sampai ka bukit bulek- di lereng gunung merapi, arah
ka ateh dari simpang canduang

ada buku yg bagus, "Repacking your life" , justru
ketika kita berada di puncak gunung, tsb adalah waktu
yg tepat untuk "mengepak ulang" , bawaan kita dalam
perjalanan hidup ini.

ketika sampai di puncak gunung , kita duduk merenung
sejenak melihat jalur lintasan kita dari bawah kaki
gunung, ke lereng sampai ke puncak gunung,

hal tsb , bisa dianalogikan dg diam sejenak merenung
perjalanan hidup kita selama di dunia ini , istilah
lain nya "Retreat" , setelah melakukan perenungan, dan
repacking , membuang beban yg tak perlu dan membuat
rencana perjalanan selanjutnya ,akan membuat
perjalanan hidup ini tambah bermakna.

mungkin spt itulah pula kira kira, kilas perjalanan
nenek moyang orang minang , menuju dataran tinggi agam
yg diapit tiga gunung , semenjak perjalanan nya dari
dataran rendah . di tempat yg tinggi tsb, Pariangan di
padang panjang, yg secara geografis hampir mirip yo
dataran tinggi parahyangan di Bandung, yg juga adalah
dataran tinggi yg diapit gunung gunung.

memang nampaknya , kalau awak bakucindan taruih sajo
di jakarta nan sumpek ko , tiok hari, yo tambah karuah
sajo utak yo hati ko... , perlu awak sakali kali
bajalan jauh , batanang hati. Kalau dulu mungkin nabi
muhammad pergi ke gua Hira di Mekkah..

semoga, sekembali nya dari perjalanan ke puncak gunung
tsb, banyak hal berharga yg bisa dibawa ke jakarta yg
sumpek ini, apa lagi pulang ke daerah tanjung priok yg
gerah...,
beko kalau taragak juo, pai sajo awak ka jl gunung
sahari..

wassalam

HM
Banduang di tangah gunuang sangsai bakuliliang,
den takana yo kampuang