Terima kasih atas tanggapannya yang mendalam dan mencerahkan. Terus terang, saya ini
hanyalah peminat sastra "pinggiran" yang mengamati perkembangan dari jauh. Input yang
anda berikan telah membuka mata saya bahwa ternyata ada juga perkembangan yang
signifikan di kalangan sastrawan Minang, terutama yang mudanya. Ini patut disyukuri.
Sayangnya hal ini tidak begitu terekspos.

Akan halnya pendapat saya mengenai kelangkaan sastrawan Minang yang memiliki
karya-karya monumental belakangan ini memang tidak lagi kelihatan. Di era 90-an lalu
karya  Umar Kayam (Jawa), Pramoedya Ananta Toer(Sosialis-Jawa), Kuntowijoyo
(Islam-Jawa), Ahmad Tohari(Islam-Jawa), Mangunwijaya (Jawa-Katolik) dan yang baru
mengorbit: Ayu Utami(Katolik-Liberal), begitu mendominasi perhatian para kritikus dan
media. Mungkin, karena pengaruh media tersebut, karya-karya sastrawan Minang yang anda
sebutkan itu seperti tertelan oleh nama-nama para "elit sastra" di atas yang kebetulan
tidak ada yang berasal dari Minang. Imbasnya, bagi saya yang masih memiliki sedikit
sentimen kedaerahan ini adalah rasa terancam oleh jawanisasi dan katolikisasi. Jadi
tulisan saya itu hanyalah cetusan perasaan cemburu saya melihat keunggulan daerah saya
dahulu kini tinggal kenangan dan menjadi milik orang lain.

Badroni,

Dapatkan email gratis Anda di http://mail.astaga.com