Sanak Rahyussalim.

  Saya sangat mendukung pendapat Sanak tentang hak masyarakat tentang
kesehatan, dan bahwa satu-satunya cara yang sangat Sanak rekomendasikan bahwa
pemerintah harus membuat regulasi ttg ini.

  Bukan hanya saya tampaknya yang sependapat, UUD 45 pun memuat 2 ayat untuk
ini. Bahkan, untuk regulasi, UUD 45 tidak hanya merekomendasikan, tetapi
mengharuskan.

  Cuma, apakah pelaksanaannya menggunakan SITKIMI atau cara lain, saya tidak
bisa komentar, karena saya sama sekali tidak tahu tentang SITKIMI ini. Mungkin
komentar saya cuma - normatif memang - agar pemerintah mau menjalankan suatu
sistem - dan mendorong masyarakat untuk "mau" - tentunya pemerintah harus
diyakinkan dulu. Nah, saya tidak tahu apakah pemerintah telah diyakinkan dan
menjadi yakin.

  Tentang pengalaman Sanak menangani pasien, saya sebagai dunsanak sapalanta
dan WNI sangat bangga bahwa dokter kita pun bisa, tidak kalah dengan dokter
dari negara maju.

  Yang masalah tinggal pembiayaan. Tetapi yang "tinggal" ini lah yang harus
diselesaikan pemerintah. Jangankan askerkin, sedangkan askes yang sudah lama
dan sumber dananya jelas2 dari potongan gaji pegawai negeri saja kabarnya masih
cenderung ruwet dan pelit. (Sebagai catatan, mudah2an sekarang sudah jauh lebih
bagus dibanding waktu saya masih jadi peserta. Selama sekitar 20 tahunan gaji
saya dipotong untuk iuran Askes/ BPDPK, baru 1 X saya menggunakan "hak" saya.
Itupun karena waktu itu istri saya sedang mengaudit askes, jadi lancar)

  Tentang program obat seribuan yang menjadi subject posting ini, saya coba
baca lagi tulisan2 di mass media (sekitar 10 sites diantaranya di internet).
Pemahaman saya adalah: "Tadinya sudah ada beberapa jenis obat dalam berbagai
merk dagang. Kemudian salah satu pabrikan membuat obat yang isinya persis sama,
tetapi harganya lebih murah, karena berbagai komponen biaya tidak lagi
diperhitungkan untuk obat ini". Pemerintah mendukung hal ini.

  Mungkin karena saya orang awam, saya tidak melihat bahwa "pemerintah
memaksakan sesuatu kepada praktisi kedokteran dan praktisi farmasi".

  Saya juga tidak melihat ini sebagai penurunan pelayanan, karena toh isinya
sama, yang beda adalah program ini tidak memperhitungkan berbagai biaya,
termasuk biaya promosi.

  Dan saya tidak melihat kesamaan program ini dengan "slogan jual baju di tanah
abang". Setahu saya, baju tanah abang memang beda dengan yang 'non tanah
abang'. Sedangkan kalau program obat ini, isinya sama.

  Tentang pentingnya database, saya sangat sepakat. Dan saya juga sangat
'miris' kalau depkes tidak punya database; walaupun saya tidak terkejut karena
saya beberapa kali pernah mengaudit institusi kesehatan, mulai dari depkes
sampai ke puskesmas (bahkan sampai ke "belakang dapur orang", waktu ada program
Samijaga dulu)

  Jangankan database besar begitu, Untuk satu sub sistem di RSUP saja, dulu
saya pernah ditugaskan ketua tim saya untuk mencoba men-trace keterkaitan data
antara penjualan karcis, MR, dan catatan kamar operasi saja saya nyerah.
Padahal tadinya idenya adalah mencoba mencari hubungannya dengan penggunaan
alat-alat operasi (karena ada dugaan, banyak "operasi malam")

  Terakhir, mengenai 7 usul anda, garis besarnya saya sangat sepakat, terutama
  Cuma ada sedikit catatan dari saya:

  Untuk no 2, penundaan program obat 1000 perak, sebagaimana yang saya tulis di
bbrp posting, saya tidak menolaknya. Karena harga murah itu bukan karena isinya
dikurangi, tapi berbagai biaya tidak diperhitungkan dalam program ini.

  Untuk nomor 4, mendorong farmasi dan pengusaha alkes untuk memperkecil
pengambilan untungnya ... Ya, saya pikir usul bagus. Dengan catatan, seperti
dari postings terdahulu, tingginya harga obat bukan hanya karena tingginya
keuntungan pengusaha, tetapi juga karena biaya promosi.

  Untuk no 7, untuk mendorong penerapan suatu sistem, harus diawali dengan
tindakan meyakinkan pihak terkait tentang sistem itu sendiri.

  Riri