On Jan 9, 2008 1:59 AM, Ahmad Ridha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Perlu dibedakan antara Islam dan muslim. Setiap muslim wajib meyakini
> bahwa Islam adalah tuntunan yang sempurna. Namun itu bukan berarti
> bahwa setiap muslim adalah sempurna. Muslim adalah manusia yang tidak
> bebas dari kesalahan. Kebodohan yang perlu diwaspadi setiap muslim
> adalah kebodohan akan agamanya. Tentunya termasuk bagian kewajiban itu
> adalah memahami dan mengamalkan al-Qur'an dan dalam rangka itu paham
> Bahasa Arab. Jadi dari sisi ini memang memprihatinkan ketika ada
> muslim yang mengira setiap tulisan Arab adalah al-Qur'an. Dengan
> [...]

Ya saya ngerti maksud anda pak. Jika seseorang atau suatu bangsa
bodoh, kenapa embel2 agamanya yang ditempelkan ke dia. Misalnya kenapa
tidak embel2 orang indonesia bodoh, atau orang batak, atau orang
minang atau orang sunda atau bekas orang terjajah yang digunakan?

Lebih bijaksana kalau mau menempelkan predikat oleh penyebabnya.
Misalnya, kalau memang islam menyebabkan seseorang atau suatu
kaum/bangsa bodoh maka sangat wajar kita menyebutkan umat islam bodoh.

--
Yanurmal

Cisco Configuration Guide
http://ciscogeek.org

Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.