  From: Ronal Chandra
  To: RantauNet@googlegroups.com
  Sent: Saturday, February 09, 2008 12:32 PM
  Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: Sia nan paling berkepentingan jo ABSSBK

  Assalamu'alaikum Uni Rahima dan Dunsanak,.

  Ambo batarimo kasih bana ateih diskusi iko dek bagi kami nan mudo bisa baraja
ditengah keterbatasan nan kami miliki.

  Mohon maaf ambo sabalun no dek manuruik ambo diskusi awak ko masih alun
menyentuh essensi dari subject atau judul nan dibahas, semoga diskusi nan ancak
ko indak menjurus jadi adu ketangkasan dan saling mematahkan. Semoga allah
melindungi kita dari hal hal yang tidak berguna amin.
  -----
  Judul diateih adolah 'Sia nan Paling Berkepentingan Jo ABSSBK, ambo pikir iko
pertanyaan diawali oleh Uda Tasril Moeis dan harus awak basamo menjawab nyo ?
Satalah pertanyaan tu bisa dijawab mungkin awak nan dipalanta ko bisa memberi
masukan tentang persoalan persoalan nan dianggap bermasalah biar ter-urai
masalah tu ciek ciek serato tidak terjadi salah persepsi dalam memahami Adaik
dan Islam dalam cerminan ABSSBK.

  Misa no masalah Harato Pusako tu, tampak diambo dari uraian DT Bagido masalah
tu alah duduak dan sudah pernah dibahas jaman Buya Hamka dan ulama ulama
lainnya, dan ambo yakin ado keterangan historis tentang hal itu dek ambo yakin
sekaliber Buya Hamka tidak akan mengeluarkan sembarang fatwa tentang hal hal
yang berhubungan dengan masyarakat banyak. Jadi saran saya untuk masalah harato
pusako tu wak agiah ke ahli no dengan terlebih dahulu membaca dan menganalisa
serta merujuk pada artikel atau bukti historis dimana masalah ko dijaman
saisuak sudah dibahas. Sehingga awak indak menghabiskan energi untuk memulai
dari awal kembali,begitu pula hal nyo untuk kasus kasus lainnyo. (Sebagai Note
untuk awak sado nyo, jawaban DT Bagindo untuk pertanyaan Sutan Marajo adolah
ulangan posting beliau tentang 'Harato Pusako' tersebut jadi awak berputar
dimasalah nan sabano nyo alah duduak dan awak indak tau trus kemudian).

  Untuk Uni Rahima nan baik, ungkapan uni nan mengatokan  bahwa uni paralu
mengkaji dan mengetahui landasan Syar'i dari ulama ulama nan alah mengatakan
bahwa masalah Harato Pusako tu tidak bertentangan jo islam, awak basamo samo
hargai ungkapan uni tersebut, tapi tolong ciek ni, Jaan ditampeik nan rami uni
bertanya serupo itu, ancak awak cari dulu literatur baa mangko Hamka Pun untuk
kasus iko meng-iyakan. Ambo anggap palanta ko Forum dunia dan urang dari
berbagai disiplin ilmu berkumpul, mungkin diantaro awak ado nan alah membahas
masalah ko dijaman saisuak sehingga beliau memiliki data historis, dan ambo
berpikir layak kita bersama dengar penjelasannyo.
  ----
  Kembali kemasalah 'Kompilasi Hukum Adat'  yang digagas oleh  Senior kita
Ayah Saafroedin Bahar, dari beberapa kali diskusi via chat saya bertanya "Apa
hasil akhir yang ingin Ayah Saaf dapatkan dari Kompilasi Hukum Adat Ini' dan
beliau mengatakan, tolong koreksi Ayah Saaf kalau salah, bahwa hasil kompilasi
hukum adat itu nanti nyo adolah 'Manual (kalau bahasa kami diinformatika) dari
penjabaran ABSSBK secara detail dan gamblang'. Saya ingat kisah pertama kali
ingin dibukukannya ayat ayat alqur'an menjadi sebuah kitab dijaman Usman Bin
Affan, sama perdebatan pun terjadi ada pro dan kontra, tapi coba bayangkan saat
ini seandainya dulu ayat ayat allah yang indah dan penuh petunjuk tidak pernah
dibukukan dan hanya jadi hapalan para hafiz alqur'an ? mungkin kita tidak
pernah lagi melihat anak anak kita pergi ke surau dan melantunkan ayat ayat
allah itu sepulang dari surau dihadan orang tuanya.

  Tapi tentunya ide yang baik ini harus terlepas dari berbagai kepentingan
pribadi maupun golongan.  Kita  tidak perlu takut bahwa  adaik Minang akan
bertentangan dengan  Islam karena saya yakin se yakin  yakinnya bahwa  ABSSBK
ini sudah berumur ratusan tahun dan masih tetap eksis walaupun dengan segala
kekurangannya. Jadi bagi saya Kompilasi Hukum Adat ini adalah upaya kembali ke
khitoh kata orang NU dan kembali ke ajaran ABSSBK yang baik dan benar kata
orang Minang serta Khaffah bagi orang Muslim. Jadi mari kita awasi proses ini
yang tampaknyo serius untuk dilakun.

  Saya ingin sedikit memberikan masukan bagi nan mudo mudo, silahkan diambil
dan silahkan untuk dibuang jika perlu. Saya Urang Minang yang tidak pernah
lahir dan besar di Ranah dan juga baru mempelajari tentang adaik Minang ini
setelah umur saya 22 th, dahulu saya adalah penolak sejati adaik Minang atau
boleh dikatakan 'Pembangkang'. Bagi saya mempelajari Islam jauh lebih banyak
pahalanya dari pada mempelajari adat yang bagi saya waktu itu tidak islami
terutama untuk kasus (harato pusako dan warisan). Ketidak sukaan saya akan
adaik Minang dahulu juga bertitik tolak dari masalah Harato Pusako tu dan itu
mungkin hal nan samo bagi anak mudo lainnyo serta terbukti di masalah tu sampai
kini selalu dijadikan ungkapan bahwa Adaik Minang tidak sesuai dengan islam.

  Saya berani mengakan bahwa anak mudo Minang kini jauh lebih mengusai islam
dibanding adaik Minang itu sendiri dan biasanya setelah mereka mengenal islam
antipati terhadap Minang mulai timbul sehingga ujungnya mengatakan "Adaik
Minang Tidak Islami ?.

  Karena adat itu tidak pernah dipelajari dengan baik dan semakin dihindari
oleh generasi Minang kini, akhirnya mereka yang ahli semakin punah dan semakin
sedikit, lambat tapi pasti adaik Minang itu mulai terkontaminasi dengan banyak
hal sehingga semakin keatas generasi kita cuma akan menjadi generasi Pembenci
dari Adaik itu sendiri dan akhirnya kita menjadi generasi yang tercabut dari
akar budaya nya.

  Jadi menurut saya, sebelum terlambat, kito nan mudo nan masih punyo kemampuan
belajar baik, ancaknyo kito mulai pelajari dan mengkaji dimana sisi perbedaan
sehingga akan muncul benang merah tentang ABSSBK ini.

  Salam Hormat
  ROnal Chandra

Website: http://www.rantaunet.org
- Mematuhi Peraturan Palanta RantauNet, lihat di
menyampaikan komitmen akan mematuhi Peraturan yang berlaku.
jalur pribadi.