http://indrapiliang.com/2012/12/17/iko-jaleh-piaman-14/

Iko Jaleh Piaman! (14)

oleh
Indra J Piliang *)

Usai
 mengembalikan formulir pendaftaran sebagai Calon Walikota Pariaman di
Kantor DPD PAN, setelah sebelumnya di DPD Partai Golkar, saya
berkesempatan menelusuri kawasan pasar Kota Pariaman keesokan harinya.
Saya minum kopi dan makan indomie rebus di lantai dua di kedai milik
Indrama Bodi, kawan SMA saya yang kini jadi tentara. Dulu saya juga
sering minum kopi di lokasi itu. Terakhir, saya ketemu Bodi waktu
pelaksanaan Tabuik Piaman bulan lalu. Dia juga pulang kampung.  Di SMA,
Bodi aktif dalam olahraga karate.

Sungguh pasar yang semakin
kumuh, kusam dan berantakan. Istri saya memang suka ke pasar ini, kalau
pulang kampung. Kondisi pasar ini sama sekali sulit dibayangkan,
mengingat selama 20 tahunan usianya, pasar ini tahan gempa. Bangunannya
masih kokoh. Banyak kawan SMA saya punya kedai di pasar ini. Saya juga
biasa membeli cabe, ikan maco karasak, ikan asin atau kentang ke pasar
ini, waktu kost di SMA. Bersama Sahrul Chaniago, kami biasa sore hari ke
 pasar, lalu selesai memasak menjelang Maghrib.

Saya kost di
Jawi-Jawi, sehingga hanya berjalan kaki ke pasar. Kini, banyak sekali
mobil dan motor di area pasar. Barangkali, Pariaman makin panas,
sehingga kegiatan berjalan kaki semakin berkurang, kecuali di pagi hari.
 Entahlah. Banyaknya kendaraan itu memunculkan situasi semrawut. Belum
lagi ada pasar dadakan di jalanan, sehingga kendaraan tidak bisa menuju
pantai ke arah stasiun kereta api. Mestinya pasar di bawah itu hanya
beroperasi sampai pukul 07.00 atau pukul 08.00, tetapi sampai pukul
11.00 masih tetap tak beranjak.

Ada banyak protes dari pedagang
lantai atas ketika saya temui. Protes yang keras, khas Pariaman.
"Siapapun calon gubernur atau calon walikota mampir ke sini. Tetapi
setelah terpilih, tak ada yang kembali, bertemu kami." Begitulah. Saya
hanya tersenyum dan mengajak diskusi dalam keadaan protes ini. Saya
berdialog, mendengar, lalu sesekali memunculkan diskusi tambahan.
Bagaimanapun, orang-orang yang bekerja di pasar ini masuk kategori kelas
 pedagang, kelompok yang sebetulnya elite. Mereka masuk dalam kategori
masyarakat yang lebih berada dibandingkan dengan yang lain.

***

Pasar adalah jantung bagi masyarakat moderen. Modernisasi identik dengan pasar,
begitu juga dengan demokrasi. Masyarakat pasar (market society) dikenal sebagai
pendamba kebebasan, termasuk dalam bentuk yang paling luas (free will dan
liberalist). Masyarakat pasar juga lebih terbuka (open society), dibandingkan
dengan masyarakat agraris yang lebih tertutup dan komunal. Karena itu, kondisi
pasar yang buruk, juga mempengaruhi masyarakat
secara keseluruhan.

Pasar Kota Pariaman terkenal sejak zaman
dahulu. Di sinilah banyak etnis dan suku bangsa berdagang dan bertempat
tinggal. Di sini juga hadir kaum mestizo (campuran), dalam
artian kultural. Ketika pasar Kota Pariaman semakin tidak terkendali,
sebetulnya pusat “peradaban” masyarakat Pariaman sedang mengalami
krisis. Pasar yang kumuh, saluran air yang mapet, tidak tertatanya mana
tempat jualan ikan dan jualan kain, adalah bagian dari kesemrawutan yang saya
lihat.

Membenahi pasar Kota Pariaman adalah bagian dari
upaya membersihkan kembali inti dari “peradaban” Pariaman. Ketika
masyarakat semakin moderen, sektor yang bergerak di pasar menjadi
penting dikendalikan, diatur dan diarahkan, sekaligus juga dengan skup
kebebasan yang tergantung rasionalitas yang bergerak di pasar. Yang
paling tinggi adalah pasar saham dan pasar uang, selebihnya apa yang
kita kenal sebagai proses jual beli biasa.

Dalam visi dan program saya ke depan, sebagai calon walikota, saya tentu ingin
memperbaiki
kondisi Kota Pariaman yang dimulai dari otaknya, yakni pasar Kota
Pariaman. Seperti seekor udang, apabila kepalanya busuk, maka busuklah
semua. Walau udang juga meletakkan kotorannya di kepala, itulah bagian
yang paling rumit dari pekerjaan sebagai pemimpin. Saya menyayangkan
terabaikannya pasar Kota Pariaman oleh pemerintah Kota Pariaman
sekarang. Padahal, dengan membenahi pasar Kota Pariaman, berarti
setengah dari pekerjaan seluruh aparatur pemerintahan sudah berhasil
dijalankan.

***

Sebelum pasar “moderen” dan kokoh ini
dibangun, pasar Kota Pariaman sering kebakaran. Seperti juga banyak
pasar lain di seluruh Indonesia. Ada kecurigaan bahwa pasar sengaja
dibakar, untuk menghadirkan pasar-pasar lain, terutama super market.
Saya tentu tidak ingin ada super market raksasa di Kota Pariaman, karena hanya
menguntungkan segelintir pengusaha kaya saja, termasuk investor
di luar negeri. Apabila masyarakat bisa bekerjasama memperbaiki pasar
Kota Pariaman, maka keuntungan yang diraih bisa merata di kalangan
penduduk dan pedagang.

Tentu ada beberapa ide yang tertanam di
benak saya menyangkut pembenahan pasar kota Pariaman. Yang terutama
sekali adalah memperbaiki organisasi pengelolaan pasar. Apakah nanti ada
semacam badan otorita khusus yang menangani Pasar Kota Pariaman ataukah
berbentuk seperti PD Pasar Jaya seperti di DKI Jakarta? Studi yang
lebih dalam diperlukan dan bisa diberikan kepada ahli-ahli ekonomi dan
yang lebih khusus lagi soal organisasi masyarakat pasar.

Yang
lain, bagaimana mendidik para pedagang yang sebetulnya sudah memiliki
pengalaman panjang. Para pedagang perlu dipilah-pilah ke dalam sejumlah
kategori, lalu dari kluster itu disesuaikan dengan tempat mereka
menggelar dagangan. Pasar daging dibedakan dengan pasar ikan. Pasar
kuliner berbeda dengan pasar tempat merawat kecantikan diri. Begitu juga tempat
menjual buah-buahan, kopi, gula, beras, sayuran dan ikan asin.
Selain tentunya untuk menjual barang mewah, seperti emas, jam tangan
ataupun ponsel teknologi tinggi.

Selain itu juga diperlukan pasar khusus grosir, gudang, di luar area pasar Kota
Pariaman. Grosir itu
bisa dibangun di wilayah Terminal Jati. Pergerakan antara pasar grosir
ke pasar eceran, dibantu oleh sarana transportasi yang cepat dan murah.
Pasar hakikatnya adalah aliran air, apabila tergenang akan dihinggapi
lalat, tetapi apabila mengalir, bisa digunakan sebagai sarana air wudhu.
Hakikat inilah yang perlahan disampaikan kepada para pedagang, penduduk ataupun
segala macam pihak yang berkepentingan dengan pasar.

Dengan pola pembenahan dan pengendalian yang tepat, saya yakin, pasar Kota
Pariaman akan menjadi sumbu dan sumber peradaban baru. Para pedagang
yang memang berhasil, bisa bersaing dengan pedagang lain atau membuat
pasar di daerah rantau menjadi lebih baik. Bukan hanya perantau
tradisional yang dikirimkan Kota Pariaman ke rantau, melainkan perantau
yang paham dengan kehidupan pasar moderen. Ibarat sekolah, pasar adalah
pelajaran awal untuk perkalian, pembagian, penjumlahan, sampai kepada
pengurangan dan pertambahan. Aspek ini yang selama ini dikenal oleh
masyarakat luar tentang karakter orang Pariaman.

Ketika pasar
kehilangan karakternya, maka masyarakat Pariaman akan berubah menjadi
cahaya lilin yang hanya menerangi sekitarnya, tetapi perlahan luluh
sendiri dan pada gilirannya akan menemui kematian.

*) Pernah berdagang roti di atas kapal kayu dari Muara Padang menuju
Sikakap Mentawai, serta membantu nenek berdagang ikan asin di Pasar
Basuang, Kampuang Dalam, Padang Pariaman.