Assalamualaikum w.w. para sanak sa palanta,

Baru-baru ini saya menerima surat permintaan dari dua sahabat saya, Basrizal Koto dan Firdaus HB sebagai Ketua dan Sekretaris Forum Silaturrahim Saudagar Minang (FSSM) agar saya bersedia jadi salah seorang pembina bersama 35 orang lainnya. Karena beliau-beliau pasti tahu bahwa saya bukan saudagar, saya memahami permintaan itu agar saya ikut jadi  penggembira, yang rasanya oke-oke saja, maka saya terima permintaan itu, apalagi kan maksudnya silaturrahim.

Tapi, mungkin karena saya lagi ngebet soal ABS SBK, saya teringat: lantas dimana posisi kaum  saudagar ini dalam ABS SBK ? Dimana pula dalam 'Tungku Tigo Sajarangan' ? Kan adat kito labiah banyak takaik jo sako dan pusako, jadi dalam bidang pertanian ? Dalam sejarah Islam, kan Nabi junjuangan kito jadi saudagar dulu baru jadi Nabi?

Ada sanak yang bisa sumbang saran mengenai topik ini ?

Wassalam,
Saafroedin Bahar
(L, 70+6+9, Jakarta)
'Ya Allah, tunjukilah selalu aku jalan yang lurus dan Engkau ridhoi'
'Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya'
'Taqdir di tangan Allah swt, Nasib di tangan Manusia'
'Puji syukur aku sampaikan pada-Mu ya Allah, atas segala rahmat dan nikmat yang telah Engkau anugerahkan kepada aku dan keluargaku'.
'Mari berlomba berbuat kebaikan'
'Setiap manusia adalah baik, sampai terbukti sebaliknya'
'Jangan pernah berhutang dan jangan mudah berpiutang'