From: Akmal Nasery Basral <ak...@rantaunet.org>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Wed, 9 Oct 2013 08:50:54
To: rantaunet@googlegroups.com<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Kisah Kristen dari Endecho .. Re: [R@ntau-Net] Untuak di inok
manuangkan

Wa'alaikumsalam Nakan Eko n.a.h.
ketika kemarin saya ikut mengomentari soal sunnah Nabi saat makan, saya
hanya membaca beberapa contoh sunnah lain yang Eko sampaikan ("yang
terpenting itu adalah Sunnah"). Saya pikir seluruh posting Eko isinya soal
itu. Baru semalam ketika saya baca ulang, ternyata dimulai dengan kisah
"Apakah Tuhan Benar-benar Ada: 3 Pertanyaan 1 Jawaban".

Kisah ini memang banyak disirkulasikan secara individual, seperti Eko,
bahkan oleh situs-situs Islam. Tapi sebenarnya kisah ini adalah modifikasi
dari kisah Kristen/Katolik, yang juga banyak beredar di situs-situs
Kristen/Katolik. Nanti di bawah akan saya tunjukkan link-link awal kisah
ini, buku-buku Kristen/Kristen yang pernah memuatnya, dan scan halaman dari
buku yang dimaksud.

Untuk mengingatkan kembali para dunsanak akan kisah "3 Pertanyaan 1
Jawaban" ini, saya kutip ulang posting awal Eko:

----

Pada 6 Oktober 2013 23.27, Endecho km <ba176...@gmail.com> menulis:

>     Assalamu'alaikum wrwb!
>
> Iko hamyo sangenek carito ...
> Mudah mudahan bamanfaaik untuak kito basamo..
> Jikok di inok manuangkan...
>
> Kaligrafi
> Apakah TUHAN Benar-benar Ada? (3 Pertanyaan, 1 Jawaban)
>
> Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri, ia telah kembali ke
> tanah air, sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanya untuk
> mencari seorang guru agama (ustadz)/siapapun yang bisa menjawab 3
> pertanyaan darinya.
>
> Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orang tersebut.

> [...]
Nakan Eko dan dunsanak Palanta RN,

Sekarang mari kita lacak jejak awal kisah di atas:

1. Kisah ini mulai banyak beredar di situs-situs Islam, dan secara personal
diforward, copas, dsb, ke berbagai milis mulai dua tahun terakhir. Silakan
uji dengan mengecek sendiri di Google. Hampir semua hasil menunjukkan kisah
ini diposting antara tahun 2011-2013. Dan dari semua posting itu (terutama
di situs-situs Islam dan muslim seperti Eko) tidak pernah ada acuan awal
dari mana sumber kisah itu didapat.

2. Kisah ini mempunyai sedikit variasi, karena ada yang menuliskan
"Ustadz", ada yang menuliskan "Kiyai", ada yang menuliskan "Guru". Namun
redaksi dialog antara sang pemuda dengan "Ustadz/Kiyai/Guru" praktis sama.

3. Berbeda dengan situs-situs Kristen/Katolik, atau blog-blog orang
Kristen/Katolik, kisah yang sama -- di mana "Ustadz/Kiyai" tentu saja
menjadi "Pendeta" -- disertakan dengan referensi buku yang memuat kisah
tersebut:

Dalam versi Kristen, kisah itu berjudul "Atheis: 3 Pertanyaan" dan merujuk
pada buku* 100 Touching Stories* (2010) karya Xavier Quentin Pranata (XQP).

*Bukti #1:*

Blog "Si Tacuisses, Philosophus Mansisses" (Michael Simbolon/MS) pada
tautan ini:

 http://blogs.itb.ac.id/mikhaelsimbolon/2012/06/12/ateis-tiga-pertanyaan/

*Bukti #2:*

Blog Gereja HKBP Kisaran Kota:

http://hkbpkisarankota.wordpress.com/2013/07/11/ateis-tiga-pertanyaan/

Meski blog ini juga menyebutkan buku XQP, namun kelihatannya
meng-*copas*dari blog MS.

*Bukti #3*

Untuk melihat sampul "100 Touching Stories" karya XQP bisa lihat di sini:
http://www.xavier.web.id/?page_id=8

Kesimpulan #1:

Jika keyword untuk mencari kisah ini diubah dengan mengetikkan "Ateis: 3
Pertanyaan" (bukan "Apakah Tuhan Ada: 3 Pertanyaan 1 Jawaban", apalagi
dengan menambahkan "100 Touching Stories", maka hasil yang muncul akan
menampilkan blog-blog Gereja/Organisasi/Individu Kristen/Katolik yang
menampilkan kisah ini pada laman masing-masing.

Tetapi apakah buku *100 Touching Stories* karya XQP itu adalah buku pertama
yang menampilkan kisah ini? Ternyata bukan. Ada buku lain yang lebih dulu
mengutip kisah itu, dengan judul berbeda.

*Bukti #4:*

Kisah serupa dengan judul "Pemuda & Orang Bijaksana" sudah lebih dulu
muncul dalam sebuah buku karya Yustinus Sumantri Hp, SJ yang berjudul *Toserba
Surgawi: Kumpulan Kisah Bijak *(Penerbit Kanisius, 2003). Perbedaan antara
"Pemuda & Orang Bijaksana" dengan "Ateis: 3 Pertanyaan" atau versi Islam
"Apakah Tuhan Ada: 3 Pertanyaan 1 Jawaban" hanya pada pengantar cerita,
Versi YS tidak membubuhkan "Seorang pemuda yang baru balik dari luar
negeri/AS ... bla... bla..". Dia langsung masuk ke tubuh cerita.

Perhatikan dengan cermat laman berikut, yang memuat* scan buku* *Toserba
Surgawi *bahwa kisah ini berada di hal. 76-77 dan merupakan kisah no., 35
yang diceritakan (dari 118 kisah):

http://books.google.co.id/books?id=-tgCxMev0mYC&pg=PA76&lpg=PA76&dq=kisah+pemuda+Tuhan+takdir+setan&source=bl&ots=nBwOQrXdKg&sig=u7Cc5Z_yGRoinkIp3sgvi_Qcp_4&hl=en&sa=X&ei=CUVUUv3tJcSBrQedoYDIDg&redir_esc=y#v=onepage&q=kisah%20pemuda%20Tuhan%20takdir%20setan&f=false

Untuk melihat sampul buku, daftar isi, dan data buku *Toserba
Surgawi*lebih detil, lihat:

http://books.google.co.id/books?id=-tgCxMev0mYC&pg=PP1&lpg=PP1&dq=Toserba+Surgawi+Yustinus+Sumantri&source=bl&ots=nBwOQrXeSa&sig=Foo3d8aWo9kTpfM9wBBqKE5YCvg&hl=en&sa=X&ei=t0VUUr7sIYrOrQelmICAAQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Toserba%20Surgawi%20Yustinus%20Sumantri&f=false

*Kesimpulan #2:*

Melihat pada kronologi urutan tahun posting dan penerbitan buku, sejauh ini
sumber awal "tertua" yang bisa dilacak dari kisah "Apakah Tuhan Ada: 3
Pertanyaan 1 Jawaban" dan segala variannya adalah buku *Toserba Surgawi *karya
Yustinus Sumantri di atas.

Kecuali nanti ada *bukti baru*, dengan merujuk pada buku/dokumentasi
tertulis yang valid, bahwa kisah ini berasal dari khasanah Islam --
biasanya kisah-kisah sufi -- maka kisah yang telanjur beredar luas di
kalangan muslim, dan diyakini sebagai "kisah Islami" ini, sesungguhnya
meminjam dari khasanah kisah Kristiani.

*Kesimpulan #3:*

Adapun manfaat kisah seperti itu bagi pembaca, tentu terpulang pada
masing-masing, seperti hadits Nabi, "Hikmah itu adalah milik muslim yang
hilang. Pungutlah di mana saja kalian temukan."

Sekiranya kisah "Apakah Tuhan Ada" a.k.a. "Ateis: 3 Pertanyaan" a.k.a
"Pemuda & Orang Bijaksana" itu diposting tersendiri oleh  Eko, itu bukan
masalah besar. Tetapi menurut saya sekarang menjadi masalah cukup besar
karena Eko menggandengkan cerita tersebut dengan sejumlah sunnah Nabi,
sehingga seakan-akan merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dan
menguatkan. Entah apakah karena Eko melakukannya karena ketidaktahuan, atau
ada tujuan lain yang hanya Eko yang bisa menjelaskan.

*Kesimpulan #4:*

Sekiranya Eko sudah menyebarluaskan (forward) posting awal Eko di bawah ini
ke milis-milis lain yang Eko ikuti, atau ke muslim lain, dan para penerima
itu percaya pada "kesahihan" kisah itu sebagai "kisah Islami", dan kini
setelah Eko melihat bukti-bukti yang saya sampaikan, Eko pikirkanlah dengan
serius bagaimana caranya untuk membuat para pembaca kisah ini (dari posting
Eko) agar paham asal muasal kisah tersebut.

Namun sekiranya kisah itu baru Eko posting hanya di Palanta RN ini, tentu
tidak perlu ada penjelasan ekstra kepada sanak Palanta, yang bisa mengikuti
diskusi kita ini dan mengambil kesimpulan sendiri.

*Kesimpulan #5:*

*Last but not least, *bahkan seandainya pun kisah "Apakah Tuhan Ada" ini
valid merupakan "kisah Islami", sudah cukup banyak komentar yang membedah
secara kritis kisah ini dari perspektif Islam.

Salah satunya yang cukup komprehensif, dan karena itu lumayan panjang, bisa
dibaca di sini:

http://media-sunni.blogspot.com/2012/05/catatan-atas-kisah-pemuda-yang-ingin.html

Allahu a'lam.

Wass,