Sanak Palanta yg budiman,
Ada perbedaan utama antara ummat Islam dan ummat agama lain dalam menyembah
Tuhan mereka masing2, yaitu penggunaan simbol. Ummat agama lain sangat
memerlukan simbol2 dalam memuja Tuhan mereka, seperti patung, salib dsb.
Sedangkan ummat Islam tidak memerlukan  simbol sama sekali. Simbol itu
adalah idola. Anak2 muda sangat tergila gila dgn idola mereka, seperti
penyanyi, artis, tokoh dsb. Jadi mengubah keyakinan dari agama yg memiliki
simbol dgn agama yg tidak punya simbol sangatlah sulit, kecuali dgn hidayah
Allah. Tapi mengajak orang dari keyakinan yg tidak punya simbol kepada
keyakinan yg punya simbol tidaklah lebih sulit. Artinya, benteng pertahanan
kita yg harus diperkokoh.
Saya sangat menikmati ketika setiap Minggu pagi2 setelah subuh mendengar
dari pengeras suara mesjid anak2 belajar agama, adzan dan sholat, seperti
halnya di perkampungan betawi. Itulah cara menanamkan ilmu aqidah dan
keimanan yg baik terhadap PAUD. Dan akan selalu tertanam di sanubari mereka
ttg aqidah keesaan Tuhan. Jadi kristenisasi  bisa dilawan dgn pendidikan
aqidah dan iman dari usia dini. Salam. ZA 58 Padang.
Pada 2013 12 15 09:45, "Dr. Saafroedin Bahar" <