*Sanak dipalanta n.a.h*

*Untuk menyalurkan pesan kepada sesama orang Minang ditempat terbuka
seperti RN dsb, cara buka kulit tampak isi, mungkin kurang bijak digunakan.*

*Buka kulit tampak isi ini digunakan dalam forum resmi misalnya:*

*1.    Kalau di Minangkabau, di Balai Kerapatan Adat, kalau ada masalah
disini memang dibuka habis atau masiang-masiang pembicara (ninik mamak)
mangaruak sa-abih bangka (mencari apa yang masih tersembunyi dalam lobang).
Selesai rapat ditutup dengan abih gawa jo karilahan.*

*1.    Kalau dikota mungkin Seminar, semua dibuka tampa tutup-tutupan. *

*Kalau di forum terbuka seperti di RN atau media lebih arif dipakai kato
malereang.*

*Orang jawa dalam mengeritik melalui media bebas juga banyak menggunakan
kato malereang, rakyat biasa mengeritik  atasannya dengan lawakan dsb.*

*Maaf kalau ado nan kurang sependapat.*

*Wass, *

*Maturidi (L/75) Talang, Solok, Kutianyia, Duri Riau.*