Sanak Ahmad Ridha:

"Sementara kasus umum perkara zina yang berkonsekuensi pada hukuman hadd
rajam atau cambuk mensyaratkan pengakuan atau empat saksi."

ANB:

Sanak AR n.a.h,

ini ambo ngintip kitab *Fiqih Empat Mazhab* (Syaikh al-Allamah Muhammad bin
'Abdurrahman ad-Dimasyqi), disebutkan bahwa* hadd* bisa dijatuhkan kepada
sang suami yang menuduh istrinya berzina, tetapi menolak untuk bersumpah
*li'an*. Itu menurut pendapat 3 Imam  (Maliki, Syafi'i dan Hambali). Sedang
menurut Imam Hanafi, suami yang menolak mengucapkan sumpah* li'an* kepada
istrinya yang dituduh berzina, tidak perlu dikenakan *hadd* tetapi harus
dipenjara sampai suami itu mau mengucapkan li'an atau menarik kembali
tuduhannya.

Tetapi ambo tidak tahu apakah hal sebaliknya (jika istri yang menuduh
suaminya berzina) juga  berlaku hujjah yang sama karena dalam kitab yang
ambo sebut di atas tidak tercantum ada kasus seperti itu meski sudah ambo
baca-baca dua hari ini.

Barangkali sanak AR, atau para tuo-tuo lain di palanta, mengetahui dalil
yang lebih shahih jika masalahnya menyangkut laporan istri tentang suami
yang dituduh berzina.

Allahu a'lam,

ANB
45, Cibubur