Tarimo kasih banyak atas pencerahannya Nyiak,
Hampir setiap urang minang pasti pernah bertanya akan keminanganya paling tidak
pada  diriya sendiri, terutama laki laki  adalah wajar manuruik ambo karena
kita manusia selalu mencari indentitas. Karena inilah pertanyaan yang terakhir
datang bila semua kebutuhan sudah terpenuhi.
Biasanya api pertanyaan ini akan dimatikan oleh ke Islaman nya sendiri, semakin
besar pemahaman religiusnya semakin cepat pula api itu pudua. toh malaikat
tidak perduli anda orang minang atau bukan. yang tak dapat saya bayangkan
kalaulah Minangkabau mayoritas bukan Islam entah apa jadinya.
Karena pengaruh Islam yang kuat juga  matrlinial  yang masih bisa bertahan
hingga saat ini hanya di Minang, walau perlu dilakukan studi untuk ini,
seberapa besar pengaruh Islam melestarikan matrilinial si Miangkabau.  yang di
India sudah selesai dan yahudipun sudah direformasi.
Karena jodoh dan maut diluar jangkauan kita, dampak negatif dari matrilinial
ini adalah pada perantau yang tidak berjodoh dengan orang minang lebih banyak
memilih diam dan tinggalah kampuang  nan jauh dimato. Tidak semuanya tapi kalau
boleh dibuatkan statistik mungkin lebih dari separuh. lagi lagi saya
berasumsi Kalau dalam Islam untuk orang yang masuk islam diberikan nama
Abdullah, Barangkali para cendik pandai di Minangkabau perlu memikirkan satu
suku baru untuk anak para orang Minang untuk menghidari diskriminasi. Berfikir
jauh kedepan diera globalisasi ini Kalau tidak dimuali dari sekarang kita akan
kehilangan orang orang pintar anak para cendikiawan MInang yang lebih hebat
dari ayahnya.  Walau perlu sekali lagi dilakukan studi genetic  berapa persen
pengaruh  ayah melekat di anak  dan berapa persen pengaruh genetic sang Ibu.
Dari pada kita sibuk memberi gelar pada petinggi negara bila berkunjuang ke
Minangkabau yang ujung ujungnya jadi bahan
 tertawaan.
Mohon maaf sabaleh jo kapalo kalau ada kata yang tidak berkenan dihati dunsanak.
Wassalam
Zulkarnain Kahar  50+th  barumah di JKT, bakampuang ka Maninjau, basuku Malayu,
bakureh dima diparalukan urang.