Sanak Suryadi, bung Jepe,  dan para sanak sapalanta,

Saya hadir di pos JK di Jl Mangunsarkoro 1 Jkt sewaktu para tokoh Minang, dari
Rantau dan Ranah, menyatakan -- atas nama seluruh masyarakat Minangkabau (!) --
akan mendukung JK, dan secara berkebetulan pula saya diminta oleh Panitia untuk
mewakili yang tua-tua untuk disemati 'pin' JK-Win.

Demikianlah, tanggal 8 Juli yang lalu saya memilih pasangan JK-Wiranto, bukan
saja sebagai wujud kesediaan saya di muka para hadirin sebelum itu, tetapi juga
setelah membandingkan rekam-jejak pasangan SBY-Boediono serta JK-Win dari segi
kompleksitas dan urgensi masalah nasional yang kita hadapi. Saya memang
berpendirian bahwa secara politik banyak masalah nasional kita memerlukan sikap
'lebih cepat lebih baik'.

Seperti saya tulis dalan RN dan FB, saya sadar sesadar-sadarnya bahwa harapan
pasangan JK-Win untuk menang amat kecil, oleh karena menurut penglihatan saya
bukan saja oleh karena JK terlambat mengambil keputusan untuk maju sebagai
capres, tetapi juga oleh karena SBY amat lambat dalam memberi keputusan
terhadap tiga kali pendekatan, JK yang menyatakan bahwa JK tetap ingin
berpasangan dengan SBY. [Saya tidak pernah mendasarkan pilihan saya terhadap JK
tersebut karena beliau 'urang sumando', oleh karena sama sekali tak ada
hubungannya.]

Yang menjadi perhatian saya sekarang ini ada tiga hal : 1)  reaksi [sebagian]
urang awak setelah pasangan JK-Win kalah telak, khususnya yang di Rantau, bukan
hanya dari pasangan SBY-Boediono, tetapi juga dari pasangan Mega-Pro.
Seakan-akan dunia akan runtuh. Dalam hubungan ini saya jadi teringat akan
suasana pasca kekalahan PRRI sejak 1961, yaitu tumbuhnya rasa minder urang awak
yang secara formal berlangsung sampai tahun 1984 -- selama 23 tahun ! --
sewaktu Sumatera Barat memperoleh panji Parasamya Purnakarya Nugraha; 2)
kenyataan konkrit bahwa banyak petinggi pemerintahan di Ranah sendiri justru
berfihak pada pasangan SBY-Boediono, sehingga juga di Ranah pasangan ini menang
telak, dan sehubungan dengan itu, 3)  mulai banyak harapan akan mendapat
imbalan jabatan menteri di pemerintahan SBY-Boediono mendatang..[Saya agak
risau dengan hal yang ketiga ini, karena dalam penglihatan saya sikap tersebut
agak kurang bermartabat, seakan-akan menjadi menteri
 adalah segala-galanya.]

Jadi apa pelajaran yang dapat kita tarik dari pengalaman ini? Menurut
penglihatan saya secara pribadi, sebagai berikut.

Pertama, harus diakui bahwa daya tarik pasangan SBY-Boediono terlalu kuat untuk
dikalahkan, baik oleh pasangan Megawati-Prabowo maupun oleh pasangan
JK-Wiranto, bahkan kalaupun kedua bergabung menjadi satu .

Kedua, seperti ditengarai oleh banyak analis politik Indonesia, adalah
merupakan kenyataan bahwa dewasa ini mengecilnya peranan faktor primordial
dalam kehidupan politik, seperti faktor ras, suku, agama, atau aliran, karena
bahkan di Sulawesi Selatan pun pasangan SBY-Boediono mendapatkan dukungan
kuat.; Dalam harian 'Kompas", Prof Bill Liddle menengarai bahwa kini adalah
'era ketokohan'.Apalagi daya pesona SBY didukung oleh strategi dan taktik
kampanye yang piawai serta dukungan dana yang bagaikan tak habis-habisnya.

Dan ketiga, kita orang Minangkabau perlu bersikap lebih tenang dan matang dalam
mengambil suatu sikap politik,  sehingga sekali keputusan diambil tiada sesal
yang muncul kalau ternyata hasilnya jagoan kita itu kalah. Bukankah ada pepatah
kita yang berbunyi: Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna ? [
Saya membiasakan diri untuk tidak pernah menyesali apapun akibat keputusan yang
pernah saya ambil, karena hal itu hanyalah akibat belaka dari keputusan yang
saya ambil itu. Yang biasa saya lakukan adalah menilai keadaan kembali dan
mengembangkan berbagai alternatif baru untuk masa datang.]

Oleh karena itu, saya hargai tinggi sikap pribadi JK yang bagaikan tanpa beban
menilpon SBY mengucapkan selamat dan menyatakan akan menyelesaikan mandat yang
diterimanya dari Rakyat dalam pilpres 2004 dahulu.

Ringkasnya, mari akui kenyataan ini, bahwa dari segi apapun pasangan JK-Wiranto
memang kalah kuat dibandingkan dengan pasangan SBY-Boediono; dan bahwa dalam
berpolitik, peranan faktor primordial sudah amat jauh menurun.

Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana format yang sebaiknya bagi kita yang
masih ingin 'berminang-minang' dalam tahun-tahun mendatang ?, Masih tepatkah
kita 'meletakkan seluruh telur dalam satu keranjang'? Ataukah kita
konsolidasikan persatuan dan kesatuan orang Minang dalam bidang ekonomi dan
budaya, yang kelihatannya demikian terfragmentasi, dan menyerahkan kepada
masing-masing untuk mengambil sikap politik sendiri-sendiri ?

Benarkah anggapan bahwa  karena pasangan JK-Wiranto kalah telak, maka
pembangunan di Sumatera Brat akan diabaikan oleh pasangan SBY-Boediono ? Saya
sama sekali tidak yakin. Kalaupun benar demikian, bukankah kita punya wakil di
DPR RI dan di DPD RI, yang berwenang menekan pemerintahan SBY-Boediono untuk
memperhatikan Sumatera Barat ? [Lagi pula, kan SBY sudah diberi gelar adat
Minangkabau oleh LKAAM, yang bisa diuji-coba keambuhannya sesekali ?].

Wallahualambissawab.

Wassalam,
Saafroedin Bahar
(L, masuk 72 th, Jakarta)