From: Jacky Mardono Tjokrodiredjo <jackymard...@yahoo.com>
Date: Mon, 15 Feb 2010 20:36:27
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: Re: [...@ntau-net] DAMPAK PRRI

Pak Saaf dan ananda Dasriel.

Sebelum terjadi peristiwa G30S, saya sempat  beberapa
kali bertemu dengan Peltu Bahar Kirai, walau tidak ber-
tegur sapa.
Setelah terjadi peristiwa G30S, saya tidak pernah lagi
bertemu dengan Bahar Kirai.

Walau Bahar hanya seorang bintara, tetapi dia adalah
komandan OPR yang penuh dengan karisma.
Setelah OPR dibubarkan, Bahar tetap merupakan
godfather bagi para eks OPR.

Prestasi pasukan OPR yang  dipimpin Bahar, adalah
menolong pasukan Brimob (Pusat) yang disanggong pasukan
PRRI di Air Mancur.
Tidak sedikit anggota Brimob yang tewas, lebih dari
30 orang.
Para korban dimakamkan di TMP Lolong.

Ironisnya, yang menyanggong adalah sesama anggota
Brimob yang bergabung dengan PRRI.
Saya dapat kisah ini dari mereka yang ikut menyanggong,
yang setelah amnesti jadi anak buah saya.
Benar-benar "jeruk makan jeruk"!

Walau sudah ada pernyataan bahwa eks OPR
dinyatakan sebagai "musuh", saya belum mengadakan
aksi terhadap para eks OPR.

Kalau ada anggota eks OPR tertembak oleh anak buah saya,
bisa timbul lagi isyu:
"polisi eks PRRI balas dendam kepada eks OPR
yang menumpas PRRI". Ini saya tidak mau!

Saya mohon kepada Pangdam, agar tembakan pertama kepada
eks anggota OPR, dilakukan oleh anggota Kodam III/17 Agustus.
Aras dasar itulah maka di Kayu Tanam ada posko militer
dari Yon yang berkedudukan di Padang Panjang.
Mungkin ananda Dasriel ingat.

Salah satu perwira alumni posko Kayu Tanam, adalah
Mayjen TNI Adang Ruchyatna, yang sekarang jadi anggota
DPR-RI dari fraksi PDI-P.
Saya ketemu pak Adang setelah sama-sama pensiun.
Waktu di Kayu Tanam, beliau masih berpangkat Lettu,
saya sudah Letkol.

Setelah dari Posko Kayu Tanam ada berita bahwa
telah dilakukan penggerebekan terhadap sarang eks
OPR oleh satuan militer, maka sayapun "membunyikan
peluit" kepada anak buah, bahwa perburuan terhadap
eks OPR dimulai.

Eks OPR-pun kabur, dan hanya  berani bergerak
pada malam hari, menyatroni rumah-rumah penduduk.
Namun demikian mereka sempat menyerang 2 pos saya.
Dari mereka mati  satu orang, anak buah saya luka ringan
3 orang.

Bagi anak buah saya yang terluka, merupakan blessing
in disguise, karena warga Pariaman rame-rame menjenguknya
di RS Pariaman.
Yang menjenguk ada yang bawa makanan maupun uang!
Saya kagum dan bangga terhadap spontanitas warga Pariaman,

Kelak setelah situasi aman, warga Padang Pariaman,
bergotong royong membangun rumah untuk Kapolres.
Terakhir saya ke Pariaman, rumah Kapolres yang lama
telah hancur seperti terkena bom.
Letaknya di muka Kantor Pos Pariaman.

Sekedar nostalgia.
Wassalam, Jacky M (L 76)