Ada sedikitnya dua kepentingan Amerika saat tahun lima puluhan itu.
Pertama, untuk mengamankan kecepatan pengembangan paham komunis yang dipelopori
Rusia/Soviet waktu itu dan China, karena paham proletariat kerakyatan komunis
akan menghambat dan menghantui paham kapitalis yang dipelopori Amerika yang
sedang galaknya mengembangkan industri. Ini jelas ancaman dan berakibat; mogok
buruh, bakar pabrik, dlsb yang sifatnya anti kapitalism idea.

Kedua, Amerika akan mengamankan kepentingan minyaknya di Indonesia, yaitu
Caltex yang sedang menaik produksinya waktu itu, Arab pada tahun lima puluhan
belum begitu meningkat produksinya. Sedangkan Amerika memerlukan bahan bakar
yang banyak untuk menghidupkan mesin-mesin industrinya. Seluruh minyak CPI di
kapalkan dari Sungai Pakning, pelanuhan minya/dermaga CPI sebelum Dumia di
bangun, dan dikirim ke USA.

Kalau terjadi pemberontakan, akan berpengaruh kepada jalannya produksi minyak,
tapi Amerika melihat kepentingan lain, bahwa bila Sumatera pisah dengan Jawa,
akan lebih mudah mengaturnya, karena Soekarno itu ada di Jawa, dan orang pintar
Sumatera juga kebanyakan di Jawa. Dan tinggallah yang "bodoh" di pulau Andalas,
dan akan mudah di atur Amerika.
Kenyataannya Amerika membantu APRI, seakan menunjukkan bahwa Amerika berpihak
pemerintah yang sah, karena Amerika melihat akan kehancuran PRRI sudah di depan
mata. Ini adalah politics Economic War Amerika around the world, semua orang
bisa baca di seluruh dunia, persis permainan GameTheory Professor Kobayashi
dari TIT (dosen saya), bahwa ada dua keputusan; HANCURKAN DAN HANCURKAN,
tidakada kompromi. Ini terjadi di perang Iran-Irak,perang Kuwait-Irak, perang
Amerika -Iran, Israel-Palestine.

Jadi boleh kita katakan dengan analisa dangkal, disamping "perang saudara" ada
juga tangan "invisible hands" yang bermain.

Ada banyak buku-buku yang membahas theory War Causal Effects, and Nation
Politics, serta Nation Destroying Other Nation, yang pasti itu ilmunya Pak
Jacky dan Pak Saaf.

Gak tahulah kita, siapa mengalahkan siapa. dan siapayang kalah dan siapa yang
menang, yang pasti banyak korban jiwa.
There is no war without victims, while war is art of victory.

wass,
dasriel

--- Pada Jum, 19/2/10, hanifah daman <iffa...@yahoo.com> menulis:

> Dari: hanifah daman <iffa...@yahoo.com>
> Judul: Re: RE: Re: [...@ntau-net] DAMPAK PRRI
> Kepada: rantaunet@googlegroups.com
> Tanggal: Jumat, 19 Februari, 2010, 12:26 AM
> Bapak
> TR
>
> Jadi bingung hanifah jadinya
>
> 1. Ketidak adilan pusat
>
> Baa mangko bingik urang daerah jo ketidak adilan pusat
> sahinggo mamiliah baparang ?
> Bukankah waktu itu SDA masih lumayan ? Sawah mambantang
> sajauah mato mamandang. Tuntutan hidup alun tinggi.
>
> 2. PKI
> [...]

      Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!
http://id.mail.yahoo.com