Assalamualaikum Wr Wb,

Ada kesepahaman saya dengan Pak Saaf mengenai PRRI ini, terutama menyangkut
strategic blunder dan Bung Hatta yang memilih tidak terlibat. Termasuk juga
konon Syahrir yang begitu menyesalkan teman PSInya yang ikut PRRI. Kalau boleh
berandai, cerita PRRI akan lain endingnya, sekiranya kedua Bung ini ikut di
dalam. Sebenarnya ini juga agak mirip ketika pasca 65, ada juga desakan kepada
Bung Karno untuk membuat pemerintahan dari Jawa Timur. Bung Karno langsung
menolak. PRRI dalam maklumatnya jelas secara eksplisit meminta Bung Hatta (dan
juga Sri Sultan) berada di pihak mereka.

Menyangkut soal si minang (terutama tentara) yang ada di seberang banda sana
dan sini. Itu adalah pilihan. Kalaupun di masa itu saya seusia saat ini, saya
mungkin akan memilih berada di banda seberang, bersama A Yani. Justru yang
menjadi pertanyaan besar bagi kita, mereka yang hanya wait and see, melihat
arah angin. Memanfaatkan momentum untuk pentingan pribadi.

Wassalam,

MS/31

--- In rantau...@yahoogroups.com, Jacky Mardono Tjokrodiredjo