Pak Saaf,

Maaf, saya tidak terlalu paham dengan penyakit psikosomatik ini. Yang saya
lihat dan saya amati hanyalah bahwa memang beliau sakit, kekelahan fisik
(dan juga mental). Kelelahan fisik, tekanan darahnya drop, letih dan tak
bertenaga, dan disuruh istirahat total.

Tetapi dengan mengobati sendiri kelelahan 'mental'nya, Lebih menerima
kondisi anaknya yang semula 'dianggap'nya beban... atau seperti kata uni
Dewi, setelah beliau kembali berpikir bijaksana dan arif... ternyata proses
kesembuhannya secara keseluruhan jadi jauh lebih cepat. Dan beliau lebih
optimis dan ceria memandang hidup...

Kalau pembahasan dalam teori psikologi maupun psikosomatik, biarlah yang
Bapak/Ibu yang memang punya kapasitas yang membahasnya...

Salam,

Rita