--- In rantau...@yahoogroups.com, ajo duta <ajod...@...> wrote:

> Dirumahnya dibilangan Depok kami diterima dengan hangat oleh Uda
> Darwin dan Uni serta sang putri yang sedang menanti kelahiran cucu
> ke-5 bagi Uda Darwin.

Sebenarnya rasa haru dan bahagia lebih pada kami. Dengan jadwal yang begitu
padat dan tentunya  sudah dirancang sejak di USA, Dinda Duta dan Lis—yang
kemudian disusul dengan hujan-hujanan oleh nakan Reni dengan menggunakan
ojek—masih menyediakan waktu untuk menyambangi kami guna bersiltarakhmi, dan
terlihat sangat betah serta sama sekali tidak seperti terburu-buru berada di
kediaman kami yang sangat-sangat sederhana di pojokan kompleks Perumnas Depok
Tengah. Rasanya sejak si Uni terjatuh sebulan sebelumnya yang menyebabkan
tulang belikat kirinya retak, saya hampir tidak pernah lagi mendengar dia
berciloteh ria seperti hari itu. Kalau ada yang mengecewakannya hari itu ialah
bahwa dia tidak dapat mengulek sendiri sambalado yang dihidangkannya hari itu,
ulekan yang biasanya membuat rasa sambalado beda :).

Hal lain yang bagi kami sangat mengesankan ialah, dinda Duta dan Lis tidak
ubahnya seperti kerabat yang baru datang dari kampung. Dari sikap, ucap dan
penampilan, tidak sedikitpun terlihat kesan bahwa mereka berdua tinggal dan
hidup di tengah-tengah masyarakat supermodern yang gemerlapan, makmur, bebas,
tetapi tergesa-gesa dan teralienasi. Saya jadi teringat khutbah yang pernah
saya dengar pada shalat Jumat di sebuah masjid di Pasarusang yang berseberangan
jalan  dengan kantor Walikota Padangpanjang tentang ikan di laut luas, yang
bermakna sangat dalam."Hanya ikan yang hidup," ujar Angku Khatib, "yang
dagingnya tidak asin walaupun setiap saat berada di air yang bergaram."

Sebuah koreksi kecil, saya tidak sempat bertemu dan "berbalas pantun" dengan
Jusfiq Hajar Sutan Majolelo di milis RN. Mungkin dinda Duta ketika itu
melihatnya di milis Apakabar lama (John), karena saya baru bergabung dengan RN
tahun 2000 karena diajak dinda Erwin Moechtar yang mengetahui alamat email saya
karena kami sama-sama member milis Kota Bogor.  Yang cukup "menarik", baru
setelah di RN saya dan dinda Erwin tahu bahwa kami sama-sama berasal dari
Padangpanjang, dan pernah sama-sama bekerja di ENCONA Engineering, yang
prakrismon 1998, merupakan salah satu biro konsultan terbesar di Indonesia.
Mungkin karena karyawannyta banyak, kami berda di divisi yang berbeda atau
sama-sama sering bepergian atau bertugas di luar Jakarta sehingga kami tidak
saling kenal satu sama lain, walaupun hampir pasti pernah bersirobok hidung di
kantor pusat di Jakarta.

Memang benar sekali RN begitu berjasa dalam mempertautkan silaturahmi anak
bangsa yang berasal dari Minang. Saya tidak tahu dan sangsi apakah ada milis
semacam RN yang dimiliki anak-anak bangsa lainnya di Indonesia.

Akhirul kalam, selamat berulang tahun, semoga dinda Duta dianugrahi Allah SWT
umur panjang yang bermartabat dan bermanfaat bagi diri, keluarga dan sesama.
Mohon maaf agak terlambat, pasalnya, setelah kompor yang satu rusak, kompor
yang kedua berulah pula, sehingga untuk mengakses Internet selama dua pekan
terakhir ini  guna mengecek dan mengirim email yang berhubungan dengan
pekerjaan, saya harus ke warnet yang terletak agak jauh dari rumah.

Saya ke sana biasanya sendirian, tidak mau diantar anak atau cucu, guna
melatih indera keenam menyusul sudut pandang jauh yang semakin menyempit.
Membaca, termasuk postingan dari RN dan Surau yang saya set dalam  daily digest
masih mudah bagi saya. Tetapi menulis agak panjang di bawah cahaya temaram
terasa sangat berat. Apalagi keybord kompternyan rata-rata sudah hampir tidak
terbaca karena aus atau tertutup lapisan daki keringat :).

Wassalam, H Darwin Bahar St Bandaro Kayo (L, 67)
Asal Padangpanjang, suku Panyalai, tinggal di Depok, Jawa Barat

> --
> Wassalaamu'alaikum
> Dutamardin Umar (aka. Ajo Duta),
> gelar Bagindo, suku Mandahiliang,
> lahir 17 Agustus 1947.
> Nagari Gasan Gadang, Kab. Pariaman. rantau: Deli, Jakarta,
> sekarang Sterling, Virginia-USA
> "menjadi bagian dari sapu lidi, akan lebih bermanfaat dari pada
> menjadi sebatang lidi"

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.