Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
Buya Mas'ud yang ananda hormati. Serta dunsanak Palanta Rantaunet yang budiman.

Tarimo kasih banyak penegasan dari Buya tentang hidup banagari dan kebanggaan
manjadi warga suatu Nagari.

Kembali dengan kekuatan Nagari SAS, ternyata kepemimpinan Uda Rainal Rais tidak
saja diakui oleh Warga SAS saja, tapi juga dikagumi oleh warga di luar SAS.
Tangan dingin beliau memimpin organisasi, mencetak kader serta menanamkan
kebanggaan menjadi pengurus organisasi sangat patut kita simak.

Berikut pengalaman yg ambo dapatkan dari Uda Rainal Rais:

Akhir Desember 2005 saya menghadap Pak Fasli Jalal menyampaikan wacana
Pentingnya diadakan Temu Pengusaha/Saudagar Minang. Saya temui juga beberapa
tokoh yg lainnya. Nah dari P'Fasli inilah saya dapatkan informasi ttg Uda
Rainal "Pai lah Firdaus ka P'Rainal, minta saran2 beliau" kato P'Fasli.

28 Januari 2006 ambo baduo jo istri datang ka rumah P'Rainal, baliau manunggu
baduo pulo jo Uni Yul.

Itulah perjumpaan pertama dan serius kami, seorang yunior meminta petunjuk ke
seniornya. Luar biasa sambutan beliau, luar biasa pula dukungan beliau. Ambo
dikasih beberapa buku waktu itu dan ditandatangani beliau...buku itu sdh ambo
baco dan ambo simpan baik2. Dan beliau dampingi terus perjuangan ambo utk
berbagai kegiatan ke-Minangan...sampai sekarang ini. Khusus utk Acara SSM
sangat banyak peran Uda Rainal.

Hal yg sangat mengesankan dari sekian banyak nasehat P'Rainal :

1. Ketika awal kita sampaikan rencana mengadakan acara Akbar menjalin
sillaturrahim sesama Saudagar Minang tidak tanggung2 beliau membimbing dan
mengarahkan. Beliau juga memperlihatkan rasa bangganya pada "ygmuda yg
berkarya". Cara2 beliau menasehati sangat bersahabat, tdk ada sedikitpun
diperlihatkan beliau rasa arogan, sombong dll padahal pertama saya menghadap
agak grogi juga mengingat nama besar P'Rainal Rais.

2. Pada saat kita habis2an mengeluarkan energi, waktu, perhatian dan
pengorbanan utk menjalankan misi sosial kemasyarakatan....beliau nasehati lagi
dg pendekatan lain..."Hei Firdaus..., sosial memang rancak bana awak urus, tapi
kana2 usaho...jan gara2 fokus ka sosial tatingga usaho". Iyo terharu pulo
mandangakan nasehat baliau tu. Nampak bana baliau manjago stabilitas anak muda
bimbingannya. Jan tataruang di tangah jalan. Kecek baliau lagi "Babuek baik
pado2i, babuek jaek sakali jangan".

3. Sasudah ambo buktikan ke Uda Rainal beberapa upaya kegiatan sosial
kemasyarakatan yg ambo lakukan baik di Gebu Minang Jatim, Saudagar Minang,
Pemuda Pelopor dll.....tibo lagi nasehat berikutnya dari Uda Rainal..."Firdaus,
uda alah mancaliak kiprah Firdaus di Gebu Minang Jatim, Pusat, Saudagar Minang
dll, kini uda ingin batanyo, Apo nan alah Firdaus pabuek untuak Nagari Firdaus
sendiri ??????" Buktikan dulu karya awak untuk Nagari awak sendiri, baru urus
nan labiah gadang.   Langsung tahanyak awak dibueknyo.

Ambo langsung banting stir...th 2007 ambo ajak P'Rainal Rais, P'Azwar Anas,
P'Aristo Munandar ka Nagari Sianok...ambo minta Uda Rainal manjadi pembimbing
ambo maurus Nagari Sianok. Sampai kini lai tetap berjalan....susahnyo luar
biasa...tapi tak ada kata menyerah dalam kamus ambo.

Saat ini Buya Mas'ud yg selalu ambo tanyai dalam memajukan Nagari Sianok ini.
Dan selalu ambo cari dimano2 ado urang Sianok utk ikut serta memajukan
kampuang. Jauah labiah banyak nan mangecek-an karajo sio-sio nan Firdaus
jalankan tu...ndak kamungkin bagai barubah perilaku urang kampuang awak tu
doh...cimeeh se nan banyak disitu. Sekali lagi ambo takkan menyerah utk sebuah
kebaikan.

Tks banyak Uda Rainal, tks banyak Buya Mas'ud. Mhn maaf kalau kurang berkanan
sekilas info ini ananda tulis.

Semoga menjadi amal ibadah bagi Uda Rainal dan Buya Mas'ud.

Kami yg muda tetap akan berkarya, dan selalu pula butuh bimbingan.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Firdaus HB (42)
Ketua GMJT asal Nagari Sianok Kab Agam.