ayat - ayat yang menjelaskan tentang alam semesta ini sangat banyak
di dalam Al-Qur'an tapi anehnya yang mengembangkannya adalah ummat
non Muslim. Jadi kita bukan saja dicibir oleh ummat lain tentang beda
hari raya tapi lebih dari itu kita perlu malu, karena sudah setua ini umur
bulan-bumi-matahari tapi kita masih berkutat pada mengintip datangnya
bulan padahal ummat lain telah sampai dan menginjakan kakinya berkali - kali
ke bulan bahkan mereka akan berwisata ke bulan, sementara kita??
bukan cuma pergerakan matahari-bulan-bumi yang bisa diketahui
kapan terjadi gerhana, pergerakan benda angkasa lainnya pun sudah
bisa ditentukan spt kapan terjadi hujan meteor, kapan sebuah meteor
akan menabrak bumi pun sudah bisa dihitung. Bukankah Al-Qur'an
banyak memerintahkan kita untuk berfikir ??

Sebgai penutup dari saya :
1. Jika saja pemerintah tidak KAKU pada dua derajat yg diagungkannya
sehingga menutup kesaksian dari kelompok lain, tahun ini ummat muslim
di Indonesia berhari raya bersama - sama, jadi tidak fair rasanya jika hanya
menyudutkan Muhammadiyah sebagai penyebab perbedaan hari raya tahun ini
Penolakan pemerintah thdp kesaksian Cakung dan Jepara lah penyebab perbedaanya.

2. Jika ada perbedaan hari raya, kenapa pemerintah tidak melakukan
cross check saat fajar keesokan harinya, jika ternyata rukyah pada maghrib
terjadi kekeliruan (terhalang) pemerintah masih bisa mengumumkan pembatalan dan
menunda hari raya pada keesokan harinya, selain rukyah pada pagi
hari jauh lebih murah dibanding maghrib.

Di bawah ini ada diskusi kami ttg hal yang sama, beliau ini
adalah seoarang mulaf yang dekat dengan kalangan habaib juga
dengan Habib Riziq. Sedikit ttg habib Riziq ternyata beliau adalah
seorang yang sangat konsen dengan ilmu falak, agak aneh juga
kenapa FPI tidak pernah diundang oleh pemerintah untuk menghadiri
sidang isbat. Jika selama ini saya hanya mendengar ttg permasalahan
pada sidang isbat, tahun ini semua jelas terlihat tanpa ada yang ditutupi
dimulai dari kata pengantar sampai kata penutup dari Menteri Agama.

wassalam,
harman St. Idris (38)

Nugroho L :

"balik ke Cakung, bila ada keraguan thd kompetensi dan kejujuran pihak
saksi/perukyat di Cakung....semestinya tabayyun, datangi langsung, silaturahmi
dan cross-check langsung.
bukan hanya diinformasikan bilang mustahil melihat, salah lihat, ada informasi
palsu, bla bla bla dsb.
apalagi ane punya channel beberapa orang yg memang belajar atau akrab dgn ahli
hisab dan perukyat di Cakung, dan tahu betul kompetensi serta profile orangnya.
dan pertanyaan dgn tanda tanya besar, karena kasus Cakung ini sudah berulang
berkali-kali (bahkan dari pengamatan ane pribadi dari th 2006 an pun sudah
terjadi beberapa kali), kenapa Pemerintah tdk antisipatif menggandeng,
berdiskusi, memantau dan melakukan tindakan bijak lainnya??????