From: Andrinof A Chaniago <andri...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Sun, 25 Dec 2011 08:47:44
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net] Bencana Alam Bukan Adzab!

Asslmlkm Wr. Wb., Pak Saaf;
Terima kasih atas catatan Pak Saaf. Mudah-mudahan tulisan saya yang pendek
itu bisa ditangkap maksudnya. Saya mencemaskan politisasi agama oleh
pemimpin dan dakwah tanpa dalil yang kuat yang akhirnya makin membawa umat
makin tertinggal. Politisasi peristiwa alam mulai mengarah kepada
pembodohan karena umat dijauhkan dari budaya menggunakan akal yang jelas
juga diperintahan di dalam Islam. Tanpa sadar, akibat dominannya peran
pemimpin politik dan pendakwah yang tidak mendayagunakan ilmu pengetahuan
sebagai pembentuk opini publik, tafsir bahwa bencana sebagai aab itu sudah
ditelan oleh banyak orang, termasuk generasi anak dan remaja yang sedang
dalam proses belajar. Ini jelas berbahaya bagi perkembangan umat Islam
sendiri, karena akan ujungnya akan membuat posisi umat Islam dalam posisi
makin lebih rendah dari bangsa-bangsa yang terus mengembangkan ilmu
pengetahuan. Kita akan terus menjadi bangsa penerima belas kasihan dari
negara yang menguasai ilmu dan teknologi untuk menyesuaikan hidup dengan
pergerakan alam.
Dalil untuk menyatakan bencana gempa dan tsunami itu adalah azab bukan saja
lemah dari segi dalil aqli (akal sehat), tetapi juga dari dalil naqlinya
(dari Al-Qur'an dan Hadist). Kalau yang mau dipakai adalah hukuman Allah
yang diberikan kepada Fir'aun, kaum Lut, kaum Samud, kaum 'Ad, Karun, dll.,
itu jelas bukan bencana alam, karena bukan gejala alam yang bisa ditelusuri
dengan akal pikiran manusia. Hukumam-hukuman itu seperti itu memang
dijanjikan Allah di dalam Al-Qur'an kepada kaum atau pemimpin fasik, kafir,
musyrik dan munafik yang perbuatannya sudah melampaui batas (zalim) kepada
seorang rasul Allah. Masyarakat Aceh dan Sumbar jelas tidak masuk kriteria
itu untuk ditimpakan azab oleh Allah. Allah itu tidak zalim seperti Dia
janjikan dalam Al-Qur'an.
Tulisan saya bertujuan menghimbau agar pemimpin jangan mempolitisasi agama
untuk mencari popularitas dan dukungan masyarakat awam, tetapi harus
mencerdaskan, dan para pendakwah agar mengajak orang beriman dengan berilmu
sebagaimana diingatkan oleh Rasulullah SAW.
Terima kasih dan maaf, kalau ada yang berlebihan dan yang kurang.
Wassalam,

Andrinof A Chaniago (49)