Halo semua, saya mau ikut urun rembug soal ini. Kebetulan saya punya
pengalaman di 2 alam :-). Di satu sisi saya praktisi MMA dan dulu sering
bantu2 coaching di TPI fighting dan RCTI Duel, saya juga latihan BJJ dan
rutin ikut kompetisi submission grappling. Di sisi lain saya juga latihan
silat tradisional seperti cingkrik dan cikalong.

Menurut pandangan saya aspek spirituil jelas penting, tidak peduli beladiri
apa yang kita pelajari. Yang jadi masalah ialah ketika aspek spirituil
tersebut menutup pikiran kita, membuat kita tidak kritis, dan membuat kita
tidak mau belajar lebih jauh dan belajar dari orang lain.

Jiwa kesatria (bushido?) bisa ada pada siapa saja. Orang sering salah
mengira bahwa praktisi MMA / Vale Tudo adalah orang-orang brutal/brangasan,
sok jagoan, dan mengesampingkan aspek spiritual. Saya pernah bertemu fighter
MMA yang aspek spirituil nya sangat dalam, tingkah lakunya santun dan
betul-betul kesatria. Di sisi lain saya juga pernah bertemu praktisi bela
diri tradisional yang brutal dan keji.

Jiwa kesatria itu tidak ada nempel di Gi, Kimono, Baju silat, hakama,
ataupun spandex. Kalau menurut bahasa Imanul Hakim Sensei, adanya di
"Kokoro" (hati), hehehe

Sebelum semakin ngelantur, saya sudahi saja dulu. Semoga ada manfaatnya

Ery nugroho

  _____